Menuju Era Komunikasi 4.0, Humas dan Media Harus Bersinergi

38

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dalam rangka menyongsong era komunikasi 4.0, bidang atau biro Hubungan Masyarakat (Humas) dan media massa diharapkan mampu untuk saling bersinergi dan berkolaborasi untuk memberikan informasi yang akurat dan terpercaya kepada masyarakat.

Hal tersebut menjadi salah satu penekanan dalam forum jurnalistik SKPD yang digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar di Hotel Aston, Selasa, (19/3/2019).

Founder dan CEO Kabar Group Indonesia, Upi Asmaradana, yang menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut memaparkan bahwa humas dan media memang harus bersinergi karena saat ini merupakan era kolaborasi di mana humas harus memahami fungsi jurnalis dan jurnalis harus memahami fungsi humas.

“Keduanya berkolaborasi yang baik tapi tetap harus ada koridor-koridor yang bisa membatasinya. Jadi, independensi wartawan juga tidak tereduksi dan tetap bisa terlaksana dengan baik,” katanya.

Upi juga menjelaskan bahwa humas harus berkomunikasi dengan aktif kepada media terutama dalam memberikan data-data terkait tupoksinya masing-masing. “Sehingga media juga mendapatkan informasi yang memang dibutuhkan oleh publik,” tambahnya.

Senada dengan itu, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kota Makassar, Ade Ismar Gobel, juga menekankan agar humas dan media bisa bersatu dalam memberikan informasi. Sebab jika tidak, maka akan terjadi ketimpangan informasi yang kerap menimbulkan kebingungan di tengah masyarakat.

“Teman-teman dari humas SKPD dan jurnalis, kita buat penyatuan informasi. Ada kan biasa informasi yang tidak jelas isinya. Ada baiknya kalau memang dengan forum seperti ini teman-teman narasumber juga menyampaikan bagaimana penyatuan informasi kita. Jadi, hindari hoaxlah,” tegasnya.

Sementara itu, Humas Dinas PU Kota Makassar, Hamka Darwis, yang turut hadir dalam forum tersebut menilai forum tersebut sebagai kegiatan yang positif. Sebab, tidak hanya mensinergikan seluruh humas lingkup Pemkot Makassar tapi juga bisa melahirkan rekomendasi yang penting bagi kehumasan di masing-masing SKPD untuk tahun ke depannya.

Selain itu, dirinya juga mengungkapkan bahwa humas untuk tiap SKPD baru ada sejak masa pemerintahan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto atau Danny Pomanto.

“Baru di zaman Pak Danny humas itu ada. Seminggu setelah beliau dilantik jadi wali kota, langsung dibentuk humas di SKPD karena beliau sendiri memahami betapa pentingnya peran media yang harus bersinergi dengan SKPD salah satunya dengan menempatkan humas di masing-masing SKPD,” kata Hamka.

Penulis : Asrhawi Muin
Editor: Azis Kuba

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Duo Amran Komit Dukung Pendidikan Berkualitas Bagi Putra-Putri Wajo

SULSELSATU.com, WAJO - Bupati Wajo diwakili Wakil Bupati Wajo...

Indah Hadiri Deklarasi Genpi Lutra dan Launching Pasar Digital

SULSELSATU.com, LUTRA - Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani...

Tim Bentukan Pemkot Parepare Susun Amdal Pembangunan RS Hasri Ainun

SULSELSATU.com, PAREPARE - Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) pembangunan gedung...

Baca Juga