Rektor IPI Ungkap Hoaks adalah Perilaku Tak Islami

23

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Publik pada Pemilihan Umum tahun ini harus melawan besarnya berita dan informasi hoaks yang bertebaran baik di dunia maya maupun nyata.

Rektor Institut Parahikma Indonesia (IPI) Prof Azhar Arsyad mengungkapkan bahwa perilaku hoaks salah satu penyebabnya adalah karena ketidakadilan.

“Saya sudah berbicara, hoaks itu prilaku yang tidak Islami dan tidak akademik. Jadi, hoaks itu jelas terlarang dalam agama. Dalilnya jelas. Wainjaakum, Fasiqum ila bain, fatabayyanakum. Kalau ada yang membawa berita, menyampaikan sesuatu, itu hendaknya kita melakukan Tabayyun. Artinya, periksa dulu, benar tidak,” ungkap mantan Rektor UIN Alauddin Makassar dua periode itu, Selasa (19/3/2019).

Guru Besar UIN Alauddin Makassar itu menjelaskan bahwa, perilaku hoaks itu sama saja dengan hate speech. 

“Itu pembicaraan ataupun ujaran yang mengandung kebencian di dalamnya. Sebenarnya kita benci sama orang itu adalah prilaku yang tidak positif dan tidak efektif,” kata Prof Azhar.

Pria kelahiran Toli-Toli pada tanggal 3 Juni 1952 itu menambahkan bahwa hoaks memang harus diwaspadai jangan sampai menimbulkan konflik baik vertikal maupun horizontal.

“Ini harus kita sadari, jangan sampai, rakyat kita minta jujur, tapi ada hal yang sering menyulut. Orang kan tidak tahan. Ini yang harus diwaspadai dan dipahami, dan jangan dilakukan. Karena itu sumbernya, karena adanya ketidakadilan. Jadi, kita harus adillah,” katanya.

Prof Azhar pun menaruh harapan agar dua pasangan capres cawapres siapapun yang terpilih bisa berlaku adil dan tidak mementingkan kelompok tertentu.

“Kita berharap, ke dua pasangan ini, ketika berkuasa nanti jangan melakukan sesuatu yang menimbulkan ketidakadilan. Yang diharapkan rakyat itu proporsional. Jangan kelompok besar yang kita utamakan, lantas kelompok kecil yang kita korbankan. Karena itu membuat konflik,” tutup dia. 

Penulis: Asrul
Editor: Hendra Wijaya

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Duo Amran Komit Dukung Pendidikan Berkualitas Bagi Putra-Putri Wajo

SULSELSATU.com, WAJO - Bupati Wajo diwakili Wakil Bupati Wajo...

Indah Hadiri Deklarasi Genpi Lutra dan Launching Pasar Digital

SULSELSATU.com, LUTRA - Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani...

Tim Bentukan Pemkot Parepare Susun Amdal Pembangunan RS Hasri Ainun

SULSELSATU.com, PAREPARE - Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) pembangunan gedung...

Baca Juga