Bappeda Sinjai Gelar Rembuk Perlindungan Anak

37

SULSELSATU.com, SINJAI – Bappeda Sinjai menggelar rembug perlindungan anak dalam Musrenbang Anak, Senin (18/3/2019).

Peserta musrenbang terbagi 12 kelompok, 9 kelompok berasal dari perwakilan tingkat kecamatan, 1 kelompok dari forum anak kabupaten, 1 kelompok dari forum non formal, dan 1 kelompok dari penyandang disabilitas. 

Zainal Abidin Ridwan selaku fasilitator mengatakan bahwa terdapat sekitar 20 orang fasilitator yang mengawal kegiatan ini. Kegiatan rembug ini dihadiri 12 Kelompok terdiri dari, Kelompok Kecamatan Sinjai Utara, Sinjai Tengah, Sinjai Timur, Sinjai Selatan, Sinjai Borong, Kecamatan Pulau Sembilan, Sinjai Barat, Tellulimpoe, Bulupoddo, kelompok Non Formal, kelompok Disabilitas dan kelompok Forum Anak tingkat Kabupaten. 

“Kegiatan rembug ini bertujuan untuk mencari permasalahan yang dihadapi anak, misalnya akses yang susah untuk ke sekolah, fasilitas sekolah yang rusak, mendapat kesulitan untuk yang mengejar paket,” sebut Zainal.

Setiap kelompok kecamatan saling memberi masukan tentang apa yang kurang di sekolah mereka, misalnya adanya sarana dan prasana yang kurang memadai.
Setiap kelompok yang berjumlah minimal 5 orang anak perwakilan dari berbagai sekolah membahas satu sama lain masalah-masalah yang dihadapi terkait dengan kesejahteraan anak. 

Zainal menjelaskan dalam kegiatan ini ada sekitar 10 hak anak yang menjadi acuan, yakni hak untuk bermain, hak mendapatkan pendidikan, hak mendapatkan perlindungan, hak untuk mendapatkan identitas, hak untuk status kebangsaan, hak untuk mendapatkan makanan, hak untuk mendapatkan kesehatan, hak melakukan liburan, hak mendapatkan kesamaan, dan hak peran dalam pembangunan.       

“Diketahui bersama, masih banyak hak-hak anak yang terlupakan atau tidak terpenuhi sebagaimana mestinya. Maka kegiatan musrenbang Anak ini bertujuan menampung permasalahan atau keluhan yang nantinya akan dicarikan solusi sebagai tugas bersama dalam meningkatkan kesejahteraan anak khusunya di Kabupaten Sinjai,” jelasnya.

Penulis: Andi Irfan Arjuna
Editor: Hendra Wijaya

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Pelayanan Hemodialisis Terganggu, RS Andi Makkasau Fasilitasi Rujukan

 SULSELSATU.com, PAREPARE - Pelayanan hemodialisis atau cuci darah di...

Masa Tenang, SYL Ziarah di TMP Panaikang

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Mantan gubernur Sulsel dua periode Syahrul...

Wakapolda Sulsel Pantau Kesiapan Pemilu di Jeneponto, Ini Kata Kapolres

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Wakil Kepala Polda Sulsel, Brigjen Pol...

Baca Juga