Menhub Optimis Proyek KA Beroperasi 2020

62
Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi didampingi Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Bupati Barru Suardi Saleh,

SULSELSATU.com, BARRU – Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi meninjau mega proyek nasional Rel Kereta Api di Kabupaten Barru, Rabu (20/3/2019).

Dalam kunjungan kerja ini, Budi Karya Sumadi didampingi Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Bupati Barru Suardi Saleh, Ditjen Perkeretaapian Zulfikri.

Dari Pantauan Sulselsatu.com, Dihadapan Menhub, Gubernur Sulsel dan Bupati Barru. Ditjen Perkeretaapian Zulfikri terlebih dahulu memaparkan perkembangan pekerjaan proyek rel kereta api di Barru yang menurutnya saat ini sementara perampungan 44 KM jalur rel. 

“Kita target selesai april nanti untuk 44 KM hanya saja memang ada beberapa kendala kemarin yang saat ini masih perampungan,” ujar Zulfikri

Kata Dia, kendala itu terkait dengan lahan perkuburan yang atas bantuan Bupati Barru telah selesai pemindahan makamnya, ada rel kereta kemarin yang diterpa banjir dan masih ada jembatan yang saat ini sementara perampungan. 

“Pembagian pengerjaan juga memang dibagi kedalam beberapa segmen, untuk segmen pertama itu 2015/2016 telah selesai, saat ini segmen kedua dari Barru ke Palanro dengan integritas ke Pelabuhan Garongkong sekitar 4,7 km sehingga perampungan tahun ini sekitar 44 KM,” tambahnya. 

Sementara Menhub Budi Karya mengurai optimis akan penyelesaian mega proyek kereta api ini akan rampung hingga tahun 2023 dari Makassar Pare-Pare. 

“Saat inikan sudah penyelesaian 44 KM, selanjutnya akan dikerjakan 60 KM untuk arah Makassar, disinikan ada beberapa pabrik semen kita akan koneksikan kesana untuk pengangkutan logistik semen sehingga untuk 104 KM ini akan beroperasi akhir 2020 nanti, kita optimis akan hal itu.” ungkap Budi

Lebih lanjut kata Budi, Kereta Api juga nantinya akan dioperasikan untuk penumpang sehingga perampungan untuk wilayah Makassar ke Bandara begitu pula arah Pare-Pare kita target 2023 akan selesai. 

“Selebihnya untuk perampungan secara keseluruhan dari Makassar hingga Pare-Pare kita target 2023,” tutupnya

 
Penulis Asriadi Rijal
Editor: Azis Kuba

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Duo Amran Komit Dukung Pendidikan Berkualitas Bagi Putra-Putri Wajo

SULSELSATU.com, WAJO - Bupati Wajo diwakili Wakil Bupati Wajo...

Indah Hadiri Deklarasi Genpi Lutra dan Launching Pasar Digital

SULSELSATU.com, LUTRA - Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani...

Tim Bentukan Pemkot Parepare Susun Amdal Pembangunan RS Hasri Ainun

SULSELSATU.com, PAREPARE - Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) pembangunan gedung...

Baca Juga