Ditjen Perkeretaapian : Kereta Api di Barru Model Terbaru

84

SULSELSATU.com, BARRU – Ditjen Perkeretaapian RI, Zulfikri menyebut mega proyek nasional kereta api di Barru ini model terbaru dalam perkeretaapian.

Hal ini diungkap Zulfikri kepada awak media saat kunjungan Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi dipercobaan rel kereta api di Pekkae, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Rabu (20/3/2019).

“Kereta api di Sulsel (Barru) ini memang model terbaru di perkeretaapian kita, nantinya kita ada operator prasarana dan ada operator kereta. Kalau yang di Jawakan semua masih kita tugaskan oleh PT KAnya,” kata Zulfikri.

Ia mengurai, 104 KM yang ditarget oleh Pak Menteri tadi itu kita upayakan akan beroperasi diakhir tahun 2020 nantinya. “Paling tidak kita berharap beroperasinya 104 KM nanti ini akan memberikan dampak ekonomi untuk pengangkitan logistik nantinya,” ujarnya.

Sebelumnya Zulfikar menjelaskan jika pembangunan proyek Kereta Api (KA) di Sulsel ini terbagi dalam lima segmen dengan jarak total 142 Km. Segmen satu sudah diselesaikan pada tahun 2015-2016 di Barru. Segmen 2 melanjutkan dari segmen 1 ke arah utara, dari Pekkae ke Palanro (Barru).

Total segmen 1 dan segmen 2 ditambah dengan siding atau petak jalan ke Pelabuhan Garonrong sekitar 4,7 Km. Dengan total 44 Km dan akan diselesaikan tahun ini.

Secara paralel Zulfikri juga mengatakan pihaknya tahun ini sudah menyiapkan anggaran untuk penyelesaian proyek ke selatan menuju Makassar, Pangkep, Maros dan sepisifik ke Mandai. Mandai nantinya akan stasiun integrasi. Ketika selesai juga telah disiapkan untuk PKBU dari Bandara Sultan Hasanuddin sampai ke Kota Makassar.

Menurut Zulkifli, pada segmen 4 yaitu dari daerah Palanro hingga ke Parepare memiliki medan yang lebih berat.

“Ini mungkin kita masih lihat desainnya, karena medannya cukup berat. Kita coba melihat desain kami mulai dari awal desainnya nampaknya biayanya cukup tinggi untuk segmen ini,” ujarnya

Penulis : Asriadi Rijal
Editor: Azis Kuba

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Duo Amran Komit Dukung Pendidikan Berkualitas Bagi Putra-Putri Wajo

SULSELSATU.com, WAJO - Bupati Wajo diwakili Wakil Bupati Wajo...

Indah Hadiri Deklarasi Genpi Lutra dan Launching Pasar Digital

SULSELSATU.com, LUTRA - Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani...

Tim Bentukan Pemkot Parepare Susun Amdal Pembangunan RS Hasri Ainun

SULSELSATU.com, PAREPARE - Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) pembangunan gedung...

Baca Juga