Pembahasan Beres, DPRD Serahkan Dua Ranperda kepada Pemkab Sinjai

23
Ketua DPRD Sinjai Abd Haris Umar saat menyerahkan dua ranperda kepada Wakil Bupati Sinjai Andi Kartini Ottong dalam rapat paripurna DPRD. (Ist)

SULSELSATU.com, SINJAI – DPRD Sinjai menggelar rapat paripurna penyerahan kembali dua Ranperda kepada eksekutif, Selasa (19/3/2019).

Dua Ranperda tersebut yakni Ranperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023 dan Ranperda Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan 2018-2033.

Ranperda tersebut diserahkan langsung oleh Ketua DPRD Sinjai Abd Haris Umar kepada Wakil Bupati Andi Kartini Ottong.

Wakil Ketua DPRD, Jamaluddin mengatakan, bahwa berbagai dinamika dalam proses pembahasan dua ranperda tersebut, dan dapat dilakukan dengan baik berkat terjalinnya sinergitas antara DPRD dan pemerintah daerah.

“Meski pun demikian, pada intinya semua memiliki tujuan yang sama yaitu agar peraturan daerah yang dihasilkan betul-betul memenuhi kriteria untuk memandu gerak langkah pemerintah daerah dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan di kabupaten Sinjai,” ujarnya Jamaluddin.

Dengan diserahkannya kembali dua ranperda ini merupakan rangkaian akhir dari seluruh rangkaian pembahasan sebelum ditetapkan menjadi Perda oleh pemerintah daerah.

Wakil Bupati Sinjai Andi Kartini Ottong mengatakan, bahwa dua ranperda ini merupakan instrumen yang sangat penting dalam menjalankan tugas dan fungsi pemerintahan yang diamanahkan oleh masyarakat, dan sebagai upaya penjabaran visi misi kepala daerah.

“Dakumen RPJMD ini tidak hanya akan menjadi pegangan dalam upaya melaksanakan visi misi kepala daerah, tetapi juga telah dirumuskan untuk dapat memenuhi kewajiban pemerintah daerah dalam penyediaan kebutuhan dasar masyarakat akan standar pelayanan,” kata Kartini.

“Dengan lahirnya dua ranperda ini, selain sebagai amanat dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi, juga akan menjadi landasan hukum terhadap rencana pembangunan jangka menengah daerah sebagai penjabaran dari visi-misi dan program kepala daerah untuk jangka waktu lima tahun,” imbuhnya.

Penulis: Andi Irfan Arjuna
Editor: Hendra Wijaya

 

 

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Duo Amran Komit Dukung Pendidikan Berkualitas Bagi Putra-Putri Wajo

SULSELSATU.com, WAJO - Bupati Wajo diwakili Wakil Bupati Wajo...

Indah Hadiri Deklarasi Genpi Lutra dan Launching Pasar Digital

SULSELSATU.com, LUTRA - Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani...

Tim Bentukan Pemkot Parepare Susun Amdal Pembangunan RS Hasri Ainun

SULSELSATU.com, PAREPARE - Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) pembangunan gedung...

Baca Juga