3.539 Siswa Asal Sulsel Lulus SNMPTN 2019

19

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019, secara serentak hari ini, Jumat (22/3/2019) diumumkan.

Dari data yang diperoleh melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebanyak 478.608 pendaftar dan yang lulus 92.331 orang dengan persentase 19.29 persen.

Dari 35 provinsi ini, khusus provinsi Sulawesi Selatan, masuk dalam peringkat 10 besar atau tempatnya berada di posisi 8 dimana siswa-siswinya paling banyak diterima melalui jalur SNMPTN 2019 sebanyak 3.539 orang.

Sementara itu, Jawa Timur berada diperingkat pertama dengan jumlah siswa yang diterima sebanyak 13.737 orang, kemudian ada Jawa Barat dengan 9.392 orang. Posisi tiga ada Sumatera Utara dengan jumlah siswa diterima 7.937 orang dan Jawa Tengah, 7.631 orang.

Provinsi Aceh berada di peringkat lima dengan jumlah siswa diterima sebanyak 4.226, menyusul Sumatera Barat, DKI Jakarta, Lampung dan Banten.

Jika melihat hasil SNMPTN 2018, Sulsel berada di perangkat enam dengan jumlah siswa 5.168 yang diterima, tahun ini mengalami penurunan menjadi 3.539. Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo mengatakan masih akan mengchek hasil yang telah keluar.

“Iya, kami akan chek dulu,” kata Irman, Jumat (22/3/2019)

Irman menambahkan, jika secara umum, hasil dicapai sudah cukup bagus. Penurunan yang terjadi lebih pada masalah tekhnis saja.

“Salah satunya, adalah sistem penerimaan kali ini banyak sekolah yang tidak terinput di sistem panitia pusat krn terganggu oleh kapasitas traffic jaringan pendaftraan di hari terakhir,” ujarnya.

Menurutnya dari segi rasio yang terdaftar dan diterima hasil ini sudah cukup memuaskan, “proses anak-anak sudah bagus ketika mengikuti seleksi SNMPTN,”paparnya.

Kedepan, None sapaan akrabnya berharap sitem penerimaan tidak lagi bermasalah pada tekhnis sehingga ketika pendaftaran ini, para siswa lebih mudah lagi dalam mendaftar

Penulis : Jahir Majid
Editor: Azis Kuba

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Duo Amran Komit Dukung Pendidikan Berkualitas Bagi Putra-Putri Wajo

SULSELSATU.com, WAJO - Bupati Wajo diwakili Wakil Bupati Wajo...

Indah Hadiri Deklarasi Genpi Lutra dan Launching Pasar Digital

SULSELSATU.com, LUTRA - Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani...

Tim Bentukan Pemkot Parepare Susun Amdal Pembangunan RS Hasri Ainun

SULSELSATU.com, PAREPARE - Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) pembangunan gedung...

Baca Juga