Pemkot Jayapura Studi Banding Pengelolaan Air Limbah di Makassar

15

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pengelolaan air limbah domestik yang selama ini dilakukan Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) rupanya menarik perhatian Pemerintah Kota Jayapura. Maka dari itu, UPTD TPA IPLT Kota Jayapura mengadakan studi banding ke UPTD Pengelolaan Air Limbah Kota Makassar.

Pasalnya, UPTD Pengelolaan Air Limbah Kota Makassar dinilai menjadi percontohan untuk mencari solusi dalam pembenahan atau pemeliharaan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) dan pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal, termasuk di Kota Jayapura, karena merupakan UPTD pertama di Indonesia Timur yang mengelola air limbah domestik.

Kedatangan rombongan ini pun disambut baik oleh Plt Kepala UPTD pengelolaan Air Limbah Kota Makassar, Kerlinus Bumbangan beserta staf, Kamis, (21/3/2019).

Selama kunjungan, para peserta diajak melihat kondisi IPAL Komunal di Kelurahan Tello Baru serta IPLT Nipa-nipa, dan Kelurahan Manggala.

Menurut Plt Kepala UPTD TPA IPLT Kota Jayapura, IPAL Komunal di Jayapura masih membutuhkan banyak pembenahan karena belum difungsikan dengan baik.

“Makanya, kita datang ke Makassar untuk mengetahui bagaimana pengelolaan IPAL Komunal yang ada agar bisa jadi solusi untuk mengatur anggaran bagi Pemkot Jayapura ke depan dalam pengelolaan sanitasi,” katanya.

Penulis : Asrhawi Muin
Editor : Azis Kuba

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Sematkan Rompi Linmas dan ID Card Pemantau TPS, Ini Pesan Taufan

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe,...

Bupati dan Ketua DPRD Sinjai Hadiri Apel Masa Tenang Pemilu Bersama TNI-Polri

SULSELSATU.com, SINJAI - TNI Polri Kabupaten Sinjai menggelar apel...

197 CPNS di Parepare Terima SK

SULSELSATU.com, PAREPARE - Sekitar 197 Calon Pegawai Negeri Sipil...

Baca Juga