Pengusaha Pemula Harus Perkuat Branding

54
UMKM binaan yang tergabung dalam komunitas TDA saat memamerkan produknya di acara Indonesian Marketing Assosiasion. (Sulselsatu/Sri Wahyudi Astuti)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kehadiran pengusaha pemula yang turut memerkuat perekonomian Kota Makassar diharapkan mampu membangun dan memperkuat branding demi menggaet konsumen.

Hal itu disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Kota Makassar, Harun Rani, Sabtu, (23/3/2019).

Menurut Harun, branding merupakan salah satu faktor yang memperkuat suatu produk yang didagangkan oleh seorang pengusaha. 

“Bagaimana mereka pengusaha ini bisa membranding produk yang mereka jual ke konsumen. Dengan branding tersebut, pastilah orang akan mengenal suatu produk,” jelas Harun.

Dia memberi contoh, beberapa produk branding yang berhasil di Makassar antara lain, Pallubasa di Jalan Serigala dan Sop Ubi di Jalan Datu Museng. 

“Kedua kuliner, itu sudah tertanam di dalam otak masyarakat terkait lokasi yang paling laris dan paling enak untuk dikonsumsi,” lanjutnya.

Hal lain, lanjut dia, bagaimana para pengusaha mempromosikan produk mereka. Hal ini membutuhkan strategi dan ilmu dalam memetakan saingan-saingan dari produk yang ia pasarkan. 

“Harus dianalisis apakah produk yang saya jual ini banyak saingannya, bagaimana cara mengatasi saingan ini. Tanpa strategi, tanpa ilmu, maka pengusaha tidak bisa fight,” ucapnya. 

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Sematkan Rompi Linmas dan ID Card Pemantau TPS, Ini Pesan Taufan

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe,...

Bupati dan Ketua DPRD Sinjai Hadiri Apel Masa Tenang Pemilu Bersama TNI-Polri

SULSELSATU.com, SINJAI - TNI Polri Kabupaten Sinjai menggelar apel...

197 CPNS di Parepare Terima SK

SULSELSATU.com, PAREPARE - Sekitar 197 Calon Pegawai Negeri Sipil...

Baca Juga