Parepare Telah Siap Operasi Otak Sistem Canggih

44
(Foto/Int)

SULSELSATU.com, PAREPARE – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare terus berbenah dalam peningkatan pelayanan di bidang kesehatan. Melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau, kali ini Pemkot Parepare menyatakan kesiapannya dalam melakukan operasi otak dengan sistem canggih.

Dokter ahli bedah RSUD Andi Makkassau, dr. Ibrahim Kasim mengatakan, kerusakan atau perubahan fungsi pada otak membutuhkan prosedur pembedahan. Karena itu, mesti ada alat canggih untuk pasien yang mengalami pendarahan otak, dan Parepare sudah punya.

“Operasi pembedahan otak sudah bisa dilakukan di RS Andi Makkasau, pasien tidak perlu lagi dirujuk ke Makassar. Kita sudah siapkan alat canggih, didukung CT Scan,” ujarnya.

Ia mengatakan, proses operasi pembedahan otak disebut craniotomi atau trepanasi. Di mana merupakan proses pembedahan otak yang dilakukan dengan membuka tulang tengkorak untuk memperbaiki gangguan yang terjadi.

“Sistem kerjanya menggunakan alat semacam bor yang sudah canggih, artinya bor itu akan berhenti otomatis ketika mengenai organ vital otak,” kata dia.

Operasi pendarahan otak yang terjadi kata dr. Ibrahim di antaranya, jika pasien mengalami epydural hematoma dan kerusakan atau patah pada tulang tengkorak.

“Epydural hermatoma adalah penggumpalan darah yang terjadi diotak dan tengkorak kepala, dan tulang tengkorak yang mengalami kerusakan ketika mengalami kecelakaan kendaraan bermotor atau terjatuh dari ketinggian,” katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe berkomitmen menjadikan Parepare sebagai kota industri tanpa cerobong asap. Di mana mengedepankan tiga pelayanan dasar yakni pelayanan pendidikan, pariwisata dan pelayanan kesehatan.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Kink Kusuma Rein

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Sematkan Rompi Linmas dan ID Card Pemantau TPS, Ini Pesan Taufan

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe,...

Bupati dan Ketua DPRD Sinjai Hadiri Apel Masa Tenang Pemilu Bersama TNI-Polri

SULSELSATU.com, SINJAI - TNI Polri Kabupaten Sinjai menggelar apel...

197 CPNS di Parepare Terima SK

SULSELSATU.com, PAREPARE - Sekitar 197 Calon Pegawai Negeri Sipil...

Baca Juga