TP PKK Palopo Gelar Bimtek Tata Cara Perawatan Jenazah

25
Pengurus TP PKK Kota Palopo bersama pengurus BKMT Kecamatan Bara di sela-sela bimtek tata cara perawatan jenazah di Aula Kantor Kecamatan Bara. (Ist)

SULSELSATU.com, PALOPO – Tim Penggerak PKK Kota Palopo bekerjasama Badan Kontak Majelis Ta’lim (BKMT) Kecamatan Bara menggelar bimtek tata cara merawat jenazah di Aula Kantor Kecamatan Bara, Minggu (24/3/2019).

Ketua BKMT Kota Palopo, Masdia mengatakan, bahwa bimtek perawatan jenazah sebenarnya sudah pernah dilakukan pada 2017 di setiap kecamatan. Namun dilakukan lagi pengulangan agar semua bisa memahami dan mengetahui lagi.

“Alangkah baiknya jika dilakukan kembali karena merawat jenazah adalah kewajiban keluarga,” ujar Masdia.

Menurutnya, apabila ada orang yang meninggal dalam suatu desa atau kelurahan namun tidak ada yang merawat jenazah utamanya perempuan, maka berdosalah perempuan yang ada di situ.

“Jadi seluruh majelis taklim perlu mendapat bimbingan, semua harus tahu bagaimana cara merawat jenazah dengan baik,” katanya.

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Palopo, Nurlinda Sabani mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk akhirat, jadi ini penting sekali untuk diketahui bersama. Tetapi paling tidak dalam lingkungan keluarga bisa dilakukan sendiri.

“Karena setiap kali kita melakukan kunjungan melayat, yang dipersoalkan adalah siapa yang akan memandikan jenazah,” kata Nurlinda.

Untuk itu, lanjutnya ini menjadi penting untuk diketahui bersama karena ilmu ini bisa dikatakan wajib untuk diketahui bersama. Karena diharapkan dengan kegiatan ini para ibu-ibu majelis taklim dapat menambah pengetahuan terkait cara perawatan jenazah.

Walikota Palopo dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Kota Palopo, Suyuti Yusuf, pada kesempatan itu yang membuka bimtek sangat mengapresiasi kegiatan ini.

“Saya sangat menyambut baik serta mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan ini” ujar Suyuti.

Terkait kegiatan ini, Suyuti menambahkan bahwa minimal keluarga harus tahu bagaimana cara merawat dan memandikan jenazah, bukan hanya itu tetapi juga bisa mengetahui tata cara memberangkatkan jenazah sampai di tempat terakhir.

“Karena masih banyak yang belum tahu juga bagaimana cara memberangkatkan jenazah sesuai tata caranya dalam Islam,” ucapnya.

Selain dihadiri Suyuti Yusuf, Nurlinda Sabani dan Masdia, turut hadir pula Camat Bara Kota Palopo, Irwanto Napeng, serta seluruh majelis taklim se-Kecamatan Bara.

Editor: Hendra Wijaya

 

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Sematkan Rompi Linmas dan ID Card Pemantau TPS, Ini Pesan Taufan

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe,...

Bupati dan Ketua DPRD Sinjai Hadiri Apel Masa Tenang Pemilu Bersama TNI-Polri

SULSELSATU.com, SINJAI - TNI Polri Kabupaten Sinjai menggelar apel...

197 CPNS di Parepare Terima SK

SULSELSATU.com, PAREPARE - Sekitar 197 Calon Pegawai Negeri Sipil...

Baca Juga