Pilwali Tak Cetak Kepala Daerah Baru, Kota Makassar 2020 Tanpa RPJMD

3065
Musrenbang RKPD Kota Makassar 2020 di Hotel Claro, Senin (25/3/2019). (Sulselsatu/Asrhawi Muin)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemkot Makassar menggelar Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2020 di Hotel Claro, Senin (25/3/2019).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, Hadijah Iriani menyampaikan, bahwa meskipun tahun 2020 tidak memiliki RPJMD, namun Pemkot Makassar tetap harus eksis di pemerintahan.

“Kita menginginkan RKPD 2020 di mana kita tidak memiliki RPJMD, kita tetap harus eksis. Jangan biarkan Makassar mundur lagi,” ujar Hadijah.

Terkait indikator peningkatan, Iriani mengingatkan agar seluruh stakeholder harus tetap bergerak dan bekerja tanpa terkecuali.

“Jadi, yang pertama kelihatan kan adalah indikator ekonomi. Ekonomi makronya seperti apa, pertumbuhan ekonomi kita seperti apa, apa yang kurang itu yang kita genjot,” ujarnya.

Dia mengatakan, ada 10 sasaran Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) yang menjadi pedoman di mana seluruh SKPD wajib melaksanakan sasaran tersebut melalui Rencana Kerja (Renja).

“Ini akan menjadi Renja SKPD selama setahun karena kita tidak memiliki RPJMD. Seandainya kita punya, jelas indikatornya. Jadi, kita berusaha untuk terus ada peningkatan. Jangan kita justru stagnan. Harapan provinsi pun demikian. Karena Makassar adalah barometer Provinsi Sulsel. Jadi, provinsi sangat bertanggung jawab juga terhadap Makassar,” ucapnya.

Sebagai informasi, RKPD sendiri merupakan penjabaran dari dokumen perencanaan daerah, provinsi dan pusat. Penyusunan RKPD berpedoman kepada dokumen RPJMD sebagai penjabaran visi, misi, dan program kepala daerah terpilih.

Namun, mengacu kepada hasil Piwali Makassar 2018 lalu, tak ada kepala daerah yang terpilih dalam pesta masyarakat tersebut sehingga RPJMD Kota Makassar berada pada masa transisi.

RPJMD Kota Makassar 2014-2019 sudah habis masa berlakunya sedangkan RPJMD Kota Makassar 2020-2025 belum tersusun.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya

 

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Sematkan Rompi Linmas dan ID Card Pemantau TPS, Ini Pesan Taufan

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe,...

Bupati dan Ketua DPRD Sinjai Hadiri Apel Masa Tenang Pemilu Bersama TNI-Polri

SULSELSATU.com, SINJAI - TNI Polri Kabupaten Sinjai menggelar apel...

197 CPNS di Parepare Terima SK

SULSELSATU.com, PAREPARE - Sekitar 197 Calon Pegawai Negeri Sipil...

Baca Juga