7 Kuliner Khas yang Wajib Anda Cicipi di Singapura

157

SULSELSATU.com – Makanan khas Asia memiliki cita rasa yang unik, termasuk di Singapura. Simak 7 kuliner khas yang wajib Anda cicipi saat berada di Singapura.

Tak lengkap rasanya apabila berkunjung ke Singapura tanpa mencicipi kuliner lezat yang menjadi favorit masyarakat lokal maupun para wisatawan. Umumnya, makanan di Singapura memiliki pengaruh dari berbagai macam budaya mulai dari Tionghoa, Melayu, hingga India Selatan. Tentunya, percampuran antarsuku bangsa ini mampu menciptakan hidangan unik dan otentik yang sayang jika Anda lewatkan.

Rencanakan perjalanan Anda ke Singapura dengan mencari tiket pesawat promo ke Singapura sekarang untuk mencicipi tujuh sajian khas Singapura yang patut Anda coba. Berikut adalah daftarnya:

1. Chili Crab
Makanan asli Singapura yang satu ini pernah masuk ke 50 makanan terbaik di Singapura dan kini menjadi salah satu hidangan seafood Singapura yang ikonik. Makanan ini biasanya disajikan di restoran Zi Char (masakan China).

Hidangan ini pertama kali diciptakan oleh Nyonya Cher Yam Tian yang dulunya adalah seorang penjual kepiting dengan gerobak. Meskipun banyak ragam dalam teknik memasak kepiting yang lezat, hanya dua gaya menu yang paling terkenal yakni kepiting singapura dengan saus cabai tomat pedas, serta kepiting saus lada hitam.

2. Nasi Lemak
Nasi lemak merupakan hidangan khas melayu yang kini semakin terkenal dan menjadi salah satu makanan favorit di Singapura. Hidangan ini kaya akan rasa gurih yang berasal dari sari pati kelapa dan daun pandan. Biasanya, nasi lemak disajikan dengan lauk pauk, seperti ikan goreng, ayam goreng, ikan bakar, telur mata sapi, irisan mentimun, dan sambal pedas.

3. Nasi Biryani
Dibawa pengaruh umat Muslim India di Singapura, nasi briyani cukup terkenal dan dicari oleh para pencinta kuliner di Singapura. Berbeda dengan nasi lemak, nasi biryani merupakan hidangan nasi goreng yang berasal dari butiran beras yang khas yakni panjang dan teksturnya ringan dan halus. Tak hanya itu, bumbu rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, pala, dan daun salam menambah rasa kuat pada masakan. Nasi biryani disajikan dengan ayam atau kari daging kambing.

4. Laksa
Anda ingin mencicipi rasa pedas, kental, dan lezat dalam satu hidangan. Laksa merupakan hidangan peranakan yang terdiri dari kuah yang terbuat dari kaldu, santan, kecap ikan, terasi, ikan bilis, dan aneka rempah lainnya. Di Singapura, laksa yang terkenal adalah Laksa Katong. Ini karena merupakan kombinasi dari Laksa Peranakan dan lokal di daerah Katong.

5. Carrot Cake
Jangan membayangkan ini adalah dessert, ya! Carrot cake yang ada di Singapura adalah lobak goreng yang dimasak dengan campuran daun bawang dan telur. Bahkan, di sini tidak termasuk wortel. Tekstur dari carrot cake yang agak kering di bagian luar.

6. Popiah
Panganan lezat yang satu ini serupa mirip dengan lumpia yang sering dijumpai di daratan Pulau Jawa. Isinya pun hampir menyerupai karena terdapat dari aneka sayur, seperti taoge, selada, wortel, dan tahu. Yang membedakan dengan lumpia adalah isiannya yang ditambah dengan campuran daging kepiting. Popiah ini tidak digoreng, sehingga tidak mengandung minyak di dalamnya.

7. Roti Prata
Bagi Anda yang belum tahu, roti prata berasal dari India yang dibawa oleh para imigran ke Singapura. Di Singapura, Anda bisa menemukan panganan ini di kedai-kedai makanan khas India yang buka 24 jam. Melihat pembuatan roti dadar yang satu ini seperti membius diri Anda, pasalnya sang pembuat akan memutar adonan hingga tipis.

Inilah yang membuat ada rasa sensasi dalam tiap gigitannya, karena crispy di luar namun sedikit kenyal saat digigit. Roti prata sangat cocok dipadukan dengan kuah kari, baik kari ayam atau kambing. Selain itu, bagi Anda pencinta manis pun bisa melengkapi hidangan ini dengan selai cokelat, gula, pisang, dan lain-lain.

Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Duo Amran Komit Dukung Pendidikan Berkualitas Bagi Putra-Putri Wajo

SULSELSATU.com, WAJO - Bupati Wajo diwakili Wakil Bupati Wajo...

Indah Hadiri Deklarasi Genpi Lutra dan Launching Pasar Digital

SULSELSATU.com, LUTRA - Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani...

Tim Bentukan Pemkot Parepare Susun Amdal Pembangunan RS Hasri Ainun

SULSELSATU.com, PAREPARE - Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) pembangunan gedung...

Baca Juga