Saiful Ancam “Amputasi” Pengawas TPS Jeneponto Jika Tak Netral

184
Ketua Bawaslu Jeneponto, Saiful (Sulselsatu/Dedi)

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Ketua Bawaslu Jeneponto, Saiful berharap seluruh pengawas TPS agar menjaga netralitas dalam pemilu serentak 17 April mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Saiful dalam sambutanya usai melantik 1.101 Pengawas Tempat pemungutan suara (TPS) dalam apel Siaga Bawaslu Jeneponto di Lapangan Passamaturukan, Senin (25/3/2019) sore.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh sebagai berikut Komisioner Bawaslu Sulawesi Selatan Azri Yusuf dan Wakil Bupati Jeneponto Paris Yaris.

Hadir pula Kasdim 1425 Jeneponto Mayor Inf Arfad A Maudjid , Kajari Jeneponto Rahmadiagus, Kasat Intelkam Polres Jeneponto AKP Roby Andi Mannaungi berserta tamu lainnya.

Selain pelantikan juga dilaksankan parade defile Panwaslu di 11 kecamatan di Jeneponto.

Ketua Bawaslu Jeneponto, Saiful dalam sambutannya mengingatkan agar para Pengawas TPS senantiasa menjaga netralitas. Ia mengimbau agar tak lagi bertemu dengan kontestan Pemilu mengingat statusnya sebagai Pengawas TPS.

“Jika tingkah laku kita kemarin bapak Ibu sekalian masih ada yang sering bertamu ke calon anggota DPR atau suka ngopi dengan peserta Pemilu, untuk 30 hari selama menjadi pengawas TPS itu ditinggalkan,” ujarnya.

Saiful tak ingin pengawas TPS yang merupakan “wasit” dalam Pemilu bersikap tidak netral. 

“Saya selalu mengibaratkan itu adalah wasit. Jika dalam sebuah pertandingan sepak bola wasitnya tidak netral, bisa kita bayangkan bagaimana kacaunya pertandingan sepak bola itu,” katanya.

Oleh karena itu, kata Saiful,  pihaknya sangat berharap pengawas TPS wajib menjaga integritas, kemandirian, dan independensi.

“Kalau boleh saya katakan bapak Ibu sekalian netralitas bagi penyelenggara Pemilu itu harga mati yang tidak bisa ditawar-tawar. Saya selaku ketua Bawaslu, maafkan saya hari ini, Anda dilantik ketahuan besok tidak netral saya amputasi,” tegasnya.

Penulis: Dedi
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

NA Ajak Stakeholder Tuntaskan Proyek KA Urban Makassar dan Regional Sulsel

SULSELSATU.com - Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (NA) mengajak seluruh...

Jelang Pencoblosan Pemilu, Danny Pomanto : Gunakan Hak Pilih Kita

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Menjelang hari pencoblosan pemilihan anggota legislatif...

Kepala BPBD Makassar Optimis Partisipasi Pemilih 70 Persen

SULSELSATU.com - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)...

Baca Juga