Sepekan Birukan Sulawesi, Jokowi Menang dan NasDem Tiga Besar

SULSELSATU.com – Memasuki masa kampanye terbuka, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh melakukan safari kampanye keliling Sulawesi. Selama sepekan sejak Sabtu (23/3/2019) hingga Minggu (31/3), NasDem membirukan seluruh provinsi berjuluk bumi Celebes.

Safari kampanye dimulai sejak kedatangan Surya Paloh di Makassar, Sulawesi Selatan, pada Sabtu (23/3). Di Kota Anging Mamiri ini, Surya meresmikan 1000 Lorong NasDem. Atribut Partai NasDem menyulap Kota Makassar sehingga warna biru NasDem menjadi dominan dan menenggelemkan warna-warni lain di kota itu hingga ke lorong-lorong sempit.

Lorong NasDem sebagai salah satu cara mengimplementasikan semangat NasDem untuk membawa perubahan lebih dekat ke tengah masyarakat.

Surya Paloh pun terus bergerak. Pada hari pertama kampanye terbuka, Minggu (24/3), Surya Paloh melakukannya di Lapangan Basulapa, Gorontalo. Di provinsi ini Surya mulai merasakan gegap gempita dan semarak semangat kehadiran Partai NasDem.

Surya Paloh dan rombongan DPP NasDem disambut konvoi puluhan becak motor (bentor) yang diinisiasi Caleg DPR RI Partai NasDem Daerah Pemilihan Gorontalo, Rachmad Gobel.

Alat peraga kampanye (APK) Partai NasDem ibarat sebuah pawai panjang tak berujung menyambut kedatangan orang nomor satu di Partai NasDem itu.

Di depan puluhan ribu kader NasDem dengan atribut kebesaran berwarna biru, Surya menegaskan bahwa Partai NasDem mendorong seluruh kader dan simpatisannya untuk menjaga semangat persatuan dan persaudaraan.

Di sini Surya menegaskan kembali komitmen NasDem untuk memenangkan Jokowi-Ma’ruf Amin. Bagi NasDem dan Gorontalo, visi dan misi NasDem sejalan dengan visi dan misi Jokowi. Karena itu tak ada pilihan lain kecuali Jokowi harus menang agar proses pembangunan nasional, termasuk di Gorontalo, terus berlanjut.

Keesokan harinya, Senin (25/3) Surya Paloh bergerak menuju Sulawesi Barat, tepatnya Mamuju. Surya menggelar kampanye di Lapangan Pantai Anjungan Manakarra. Sama seperti di Makassar dan Gorontalo, bendera-bendera NasDem dengan warna biru berkibar di mana-mana. Mamuju seakan menjadi Kota NasDem.

Di sini lagi-lagi Surya menegaskan tentang pentingnya Jokowi menang pada Pilpres 2019. Negeri ini memerlukan sosok yang berani dan optimistis.

“Saya datang untuk memastikan gunakanlah hak politik untuk memilih Jokowi dan NasDem,” tegas Surya Paloh di hadapan puluhan ribu masyarakat Mamuju yang hadir memadati area kampanye.

NasDem berharap pasangan Calon Presiden Nomor Urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin dapat meraih kemenangan penuh di Provinsi Sulawesi Barat. ‘’Negeri ini butuh Jokowi,” tegas Surya dalam rilis DPP NasDem.

Memasuki hari ke tiga kampanye terbuka, Surya Paloh mengunjungi Sulawesi Tengah, tepatnya Banggai. Ketua Umum NasDem itu berkampanye di Lapangan Kilongan Luwuk, Banggai.

Didampingi Ketua Umum Garda Pemuda NasDem Prananda Surya Paloh, Bendahara Umum NasDem Ahmad Ali, Ketua DPP NasDem Willy Aditya, Surya Paloh disambut konvoi seribu sepeda motor. Lagi-lagi warna biru NasDem menghiasi Banggai.

Kepada puluhan ribu kader dan simpatisan NasDem, Surya Paloh mengimbau agar warga aktif datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memaksimalkan hak pilih dalam Pemilu Serentak 17 April 2019.

“Kita harus datang ke TPS,” tegas Surya sambil menambahkan Pemilu 2019 harus disambut dengan semangat perkawanan, bukan dengan bertikai dan menghasut.

Dari Banggai, Surya Paloh bersama rombongan menuju Manado, Sulawesi Utara. Kampanye Rapat Umum Terbuka Nasional Partai NasDem di ibu kota provinsi paling utara itu digelar di Stadion Klabat, Manado, pada Rabu (27/3).

Ketua Umum DPP NasDem Surya Paloh melambaikan tangan ke warga.

Puluhan ribu warga Kota Manado sambil memegang atribut NasDem, tak beranjak meninggalkan lokasi kampanye. Mereka setia mendengarkan orasi Surya Paloh. Mereka bersorak dan bertepuk tangan mengiringi orasi Ketua Umum Partai NasDem itu.

Dalam orasinya, Surya mengemukakan bahwa semangat gotong royong dalam hidup berbangsa harus terus dijaga meski ada perbedaan pandangan dalam Pemilu 2019.

“Kita tinggal di bumi Indonesia dengan satu komitmen yang diletakkan pendiri bangsa kita yakni hidup saling bergandengan tangan, gotong royong, dan toleransi. Itulah prinsip-prinsip dasar yang terdapat dalam Pancasila,” ujar Surya.

Surya menegaskan, hanya Pancasila yang bisa menyelamatkan bangsa ini dari ancaman perpecahan.

Dari Manado, safari Surya Paloh berlanjut ke Sulawesi Tenggara, tepatnya Kendari pada Jumat (29/3). Dalam kampanye terbatas yang digelar di sebuah hotel, Surya lagi-lagi menekankan pentingnya memenangkan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Saya tekankan bahwa kemenangan Jokowi-Amin lebih penting dari kemenangan partai ini,’’ tegasnya.

Kampanye Akbar Calon Presiden Nomor Urut 01 Jokowi di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Minggu (31/3) sekaligus menutup rangkaian safari politik Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Pulau Sulawesi.

Hadirnya Surya Paloh di kampanye akbar Jokowi merupakan penegasan dukungan tanpa syarat NasDem kepada Jokowi. Seluruh materi kampanye Surya Paloh selama satu pekan di Sulawesi termakna dari kehadirannya di kampanye Jokowi.

Diperkirakan 100.000 kader dan simpatisan NasDem ikut dalam kampanye tersebut. Massa NasDem yang membawa atribut Partai NasDem memenuhi jalan-jalan di Kota Makassar dan di tempat kampanye Lapangan Karebosi.

Kehadiran ratusan ribu kader NasDem pada kampanye Jokowi di Makassar itu merupakan salah satu bentuk show off kekuatan NasDem di Makassar. Sikap Surya Paloh tidak beranjak dari semboyan partai itu dalam Pemilu Serentak 2019 yakni: Jokowi Presidenku, NasDem Partaiku.

Melihat antusiasme masyarakat selama melakukan kampanye keliling Sulawesi dari selatan ke utara lalu kembali lagi ke selatan, Surya Paloh optimistis Jokowi-Ma’ruf Amin akan menang dan Partai NasDem masuk tiga besar hasil Pemilu 2019. (*)

...

POPULER

Sulselsatuvideo

VIDEO: Video Pelajar Diduga Mesum Beredar, Ini Klarifikasi Pihak Sekolah

SULSELSATU.com, PAREPARE - Video pelajar SMK yang diduga mesum di Kota Parepare beredar dan sempat viral. Video berdurasi duabelas detik ini direkam dalam kelas, di...
Sulselsatu

3 Cara Ampuh Keluarkan Lendir Saat Bayi Batuk Pilek

SULSELSATU.com - Kondisi Si Kecil yang baru lahir memang membuatnya rentan terhadap berbagai penyakit. Terlebih jika cuaca di luar sedang tak menentu. Akibatnya, bukan hanya...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Pasangan Ini Kedapatan Berhubungan Intim di Pesawat

SULSELSATU.com - Pria dan wanita terpergok sedang melakukan hubungan intim di pesawat. Momen itu terjadi dalam penerbangan menuju Meksiko. Tanpa memedulikan keberadaan penumpang lain. Video Editor: Andi...
Sulselsatu

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...
Sulselsatu

Sekda Makassar Tertibkan Randis Pejabat

SULSELSATU.com , MAKASSAR - Sekretaris Daerah Kota Makassar Muh. Ansar menertibkan pejabat lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar yang memiliki Kendaraan Dinas (Randis) lebih dari...
Sulselsatu

Mahasiswa Unhas Gugat UU Capil dan Kependudukan di MK

SULSELSATU.com, JAKARTA - Mahkamah Konstitusi mulai menyidangkan uji materi Undang Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang...
Sulselsatu

Ubah Lokasi Kumuh Menjadi Layak Huni, Iqbal Suhaeb Harap Warga Sadar Lingkungan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb meresmikan lokasi percontohan  RISE yang diadakan oleh Monash University dan ADB (Asian Development Bank) di...
Sulselsatu

Video Pelajar SMK Diduga Mesum Beredar di Parepare, Ini Kata Pihak Sekolah

SULSELSATU.com, PAREPARE - Sebuah video pelajar yang diduga mesum beredar dan viral di media sosial. Video berdurasi duabelas detik ini direkam dalam kelas, dimana...
Sulselsatu

GALERI FOTO: Jalin Silaturahmi, Rudianto Lallo Gelar Buka Puasa Bersama Konstituennya

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Wakil Ketua DPRD Makassar, Rudianto Lallo menggelar acara buka puasa bersama dengan ratusan konstituennya di Aula SMK 5, Jalan Sunu, Jumat...

Baca Juga

Sulselsatu

HUT ke 412, Pemkot Makassar dapat Penghargaan dan Bantuan Gubernur Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah menyerahkan berbagai penghargaan dan bantuan kepada Pemerintah Kota Makassar, pada puncak HUT ke-412 Kota Makassar, di...
Sulselsatu

Sulitnya Bangun Masjid di Kota ‘Santri’ Parepare

SULSELSATU.com, PAREPARE - Polemik penolakan pembangunan masjid di Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare belum juga usai. Persoalan umat yang terjadi sejak Agustus...
Sulselsatu

Masuk Struktur DPP NasDem, Luthfi Mutty Siap Kawal Kader di Pemerintahan

SULSELSATU.com, JAKARTA - Politikus asal Sulsel, Luthfi Andi Mutty masuk dalam struktur kepengurusan DPP Partai NasDem periode 2019-2024. Namanya termasuk dalam empat tokoh Sulsel...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Usai Ziarah Makam, Iqbal dan Rombongan Melanjutkan ke Masjid Tua di Tallo

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb ziarah makam Raja-Raja Tallo, Sabtu (9/11/2019). Pada kesempatan itu ia menabur bunga dan memanjatkan doa. Kunjungannya dalam...

TERKINI

Sulselsatu

84 Calon Kepala Sekolah di Sinjai Ikuti Tes Kompetensi

SULSELSATU.com, SINJAI - 84 tenaga pendidik mengikuti tes kompetensi seleksi calon...
Sulselsatu

Azhar Arsyad Klaim 90 Bacalon Kepala Daerah se-Sulsel Daftat di PKB

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa...
Sulselsatu

Taufan Pawe Komitmen Tuntaskan Asrama HIPMI, DPRD Segera Tinjau Lokasi

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe berkomitmen untuk...
Sulselsatu

Bersihkan Sampah Pantai Losari, Kecamatan Makassar Terkendala Armada

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sampah plastik membuat Pantai Losari Makassar menjadi jorok....
Sulselsatuvideo

VIDEO: Pemkot Makassar Siap Hadapi Membludaknya Pendaftar CPNS

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar telah menyiapkan 526 kuota untuk...
Sulselsatu

Kades di Malangke dan Malbar Ikut Penyuluhan Hukum

SULSELSATU.com, LUTRA - Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara melalui Bagian Hukum...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Ribuan Peserta Reuni 212 Padati Monas

SULSELSATU.com - Ribuan peserta reuni 212 mulai memadati kawasan silang Monas pada Minggu dini hari, (2/12/2018). Para peserta tak hanya datang dari Jakarta, namun juga...