Disdik Sulsel Berhasil Minimkan Konvoi Siswa

101

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Warga dan orangtua peserta didik di Kota Makassar bisa bernafas lega usai Ujian Nasional (UN) 2019. Konvoi kendaraan roda dua pasca ujian tahun ini kian minim.

Warga dan pengendara di jalan raya pun tak banyak yang mengeluhkan adanya konvoi. Berdasarkan pengamatan satgas Disdik Sulsel, Senin (8/4/2019), dimana hari terakhir UN, tidak didapati adanya konvoi dengan volume kendaraan yang dapat mengganggu pengendara.

“Pantauan kami di beberapa ruas jalan utama yang memiliki akses langsung ke beberapa sekolah, tidak terlihat adanya konvoi,” kata salah seorang anggota Satgas Disdik, Andi Mattingara.

Mattingara mengakui, anggota satgas lainnya menemukan beberapa peserta didik yang menggunakan kendaraan roda dua dengan baju seragam sekolah yang sudah dicorat-coret. Namun jumlahnya tidak sampai belasan kendaraan. Mereka tidak sempat terkonsentrasi di satu titik lalu berkumpul dengan jumlah banyak.

“Kerja sama pihak Disdik Sulsel (sekolah) dan pihak keamanan berhasil memecah berkumpulnya peserta didik yang hendak konvoi,” jelas Mattingara.

Apalagi, tambahnya, berdasar instruksi Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo sepekan sebelumnya dan juga Senin pagi tadi agar sekolah membuat kegiatan positif di tiap sekolah ternyata berjalan efektif.

Satgas setidaknya memantau 5 jalan protokol seperti Jl AP Pettarani, Jl Gunung Bawakaraeng, Jl Urip Sumoharjo, Jl Taman Makan Pahlawan, Jl Cenderawasih, dan Jl Ratulangi-Sudirman.

“Saya menerima laporan bukan saja dari satgas tapi juga dari sekolah-sekolah dan warga. Bisa dikatakan nyaris tidak ada karena yang berkonvoi jumlahnya sedikit sekali dan tidak sampai mengganggu,” kata Kepala Dinas Pendidikan Irman Yasin Limpo.

Ia menilai, selain antisipasi dini yang semakin bagus, juga kesadaran para peserta didik milenial cenderung semakin bagus.

“Mereka tidak lagi berpikir seperti di zaman dulu. Sekarang mereka lebih banyak yang berpikiran positif dalam beraksi,” kata None, sapaan akrab Irman.

Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Duo Amran Komit Dukung Pendidikan Berkualitas Bagi Putra-Putri Wajo

SULSELSATU.com, WAJO - Bupati Wajo diwakili Wakil Bupati Wajo...

Indah Hadiri Deklarasi Genpi Lutra dan Launching Pasar Digital

SULSELSATU.com, LUTRA - Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani...

Tim Bentukan Pemkot Parepare Susun Amdal Pembangunan RS Hasri Ainun

SULSELSATU.com, PAREPARE - Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) pembangunan gedung...

Baca Juga