Optimalkan Pendapatan Daerah, Pemda se-Sulsel dan Bank Sulselbar Teken MoU

29
Pemerintah Daerah (Pemda) se-Sulawesi Selatan (Sulsel) bersama Bank Sulselbar dan Badan Pertanahan Nasional meneken Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) di Hotel Four Points, Selasa, (9/3/2019). (ISTIMEWA)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Daerah (Pemda) se-Sulawesi Selatan (Sulsel) bersama Bank Sulselbar dan Badan Pertanahan Nasional meneken Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) di Hotel Four Points, Selasa, (9/3/2019).

Penandatanganan ini dilakukan sebagai upaya mendorong perbaikan tata kelola pemerintahan untuk mengoptimalkan pendapatan daerah di Sulsel melalui fungsi Koordinasi dan Supervisi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Fokus utama kerjasama dengan Bank Sulselbar adalah implementasi aplikasi online sebagai alat perekaman pajak daerah yang akan dipasang pada wajib pungut pajak hotel, restoran, hiburan, dan parkir,” ucap Direktur Utama PT Bank Sulselbar, Muhammad Rahmat.

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar, Irwan R Adnan optimis kerja sama ini akan memberikan hasil yang baik. Pasalnya, selama ini pemantauan pajak masih dilakukan secara manual oleh orang-orang yang tergabung dalam Laskar Pajak.

“Selama ini kan yang membantu kita Laskar Pajak. Laskar pajak itu biar bagaimana pun mereka manusia, pasti kemampuannya terbatas. Nah, sekarang kita akan tambah lagi dengan alat perekam data transaksi,” tutur Irwan.

Dirinya berharap agar ke depan para wajib pungut pajak dari sektor hotel, restoran, hiburan, dan parkir lebih berpartisipasi aktif dalam mendukung program kerjasama ini.

Dia bahkan menegaskan, jika ada wajib pungut pajak yang menolak untuk dipasangi alat perekam data transaksi, maka pihaknya tak akan segan untuk menutup usaha tersebut.

“Kita butuh sinergi dengan para wajib pungut pajak, karena kalau mereka juga tidak mau dipasangi kan jadi masalah. Jadi kalau mereka tidak mau dipasang, ya kita tutup,” tegasnya.

Penulis : Asrhawi Muin
Editor: Azis Kuba

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Duo Amran Komit Dukung Pendidikan Berkualitas Bagi Putra-Putri Wajo

SULSELSATU.com, WAJO - Bupati Wajo diwakili Wakil Bupati Wajo...

Indah Hadiri Deklarasi Genpi Lutra dan Launching Pasar Digital

SULSELSATU.com, LUTRA - Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani...

Tim Bentukan Pemkot Parepare Susun Amdal Pembangunan RS Hasri Ainun

SULSELSATU.com, PAREPARE - Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) pembangunan gedung...

Baca Juga