Pemkot Optimis Penuhi Indikator Kota Layak Anak

38

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar kembali menargetkan Makassar menjadi Kota Layak Anak (KLA) pada tahun ini setelah tahun lalu berhasil mendapatkan predikat KLA dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (Kemenppa) dalam tingkatan Madya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPA) Kota Makassar, Andi Tenri Palallo, mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan berbagai upaya untuk memenuhi semua indikator penilaian tersebut.

“Indikator kita berusaha penuhi semua. Kalau kita penuhi semua berarti tinggal bagaimana verifikasi lapangannya,” kata Tenri kepada wartawan saat kegiatan sosialisasi Kota Layak Anak di Hotel Singgasana, Rabu, (10/4/2019).

Dalam penilaian Kota Layak Anak, ada lima klaster yaitu klaster hak sipil dan kebangsaan, klaster lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, klaster kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, klaster pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya serta klaster perlindungan khusus. Tahun ini ditambah pula dengan penilaian indikator kecamatan dan kelurahan. 

Saat ini, pemerintah juga menggenjot bahwa untuk menuju Kota Layak Anak harus dimulai dari hal terkecil seperti rumah tangga. Hal ini sebagaimana yang disebutkan oleh Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail.

“Insya Allah persiapan-persiapan untuk memenuhi indikator-indikatornya itu sudah dilakukan oleh DPPA. Ini terbukti dengan sudah menyentuh sampai ke kelurahan dan RT/RW,” ujar Indira.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Duo Amran Komit Dukung Pendidikan Berkualitas Bagi Putra-Putri Wajo

SULSELSATU.com, WAJO - Bupati Wajo diwakili Wakil Bupati Wajo...

Indah Hadiri Deklarasi Genpi Lutra dan Launching Pasar Digital

SULSELSATU.com, LUTRA - Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani...

Tim Bentukan Pemkot Parepare Susun Amdal Pembangunan RS Hasri Ainun

SULSELSATU.com, PAREPARE - Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) pembangunan gedung...

Baca Juga