Mau Gigi Sehat, Ini Tips dari Dokter RSUD Andi Makassau Parepare

43

SULSELSATU.com, PAREPARE – Memiliki gigi dan mulut yang tidak sehat dapat mengganggu aktivitas, karena itu mesti dijaga dan diperhatikan. Sariawan, gusi bengkak, bau mulut atau gigi berlubang adalah hasil dari gigi dan mulut yang tidak sehat.

Dokter gigi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare, drg. Andi Cenrara, MARS mengatakan, ada beberapa tips atau cara mudah menjaga kesehatan gigi dan mulut.

* Kunjungi Dokter Gigi Enam Bulan Sekali

Dianjurkan mengunjungi dokter gigi enam bulan sekali. Selain sebagai upaya pencegahan, juga untuk mendeteksi secara dini keadaan gigi agar tetap sehat.

Sikat gigi teratur dan sebelum tidur

Menjaga gigi dan mulut tetap sehat juga dilakukan dengan sikat gigi secara teratur, khususnya sebelum tidur. Tujuannya untuk menghilangkan kuman dan plak pada gigi.

Gunakan pasta gigi fluorida

Penting menyikat gigi menggunakan pasta berfluorida, agar dapat menguatkan enamel pada gigi. Selain itu, fluorida berfungsi sebagai pertahanan terhadap kerusakan gigi yang disebabkan oleh kuman.

Batasi makanan manis dan asam

Makanan manis dan asam dapat menyebabkan gigi cepat berlubang, karena itu mesti dibatasi konsumsinya. Sebaliknya dianjurkan makan makanan bergizi, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran.

Tidak merokok

Merokok dapat berisiko penyakit gusi dan kanker mulut. Selain itu, tembakau yang ada di dalam rokok dapat menyebabkan gigi menguning dan bibir menghitam. 

Editor: Hendra Wijaya

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Duo Amran Komit Dukung Pendidikan Berkualitas Bagi Putra-Putri Wajo

SULSELSATU.com, WAJO - Bupati Wajo diwakili Wakil Bupati Wajo...

Indah Hadiri Deklarasi Genpi Lutra dan Launching Pasar Digital

SULSELSATU.com, LUTRA - Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani...

Tim Bentukan Pemkot Parepare Susun Amdal Pembangunan RS Hasri Ainun

SULSELSATU.com, PAREPARE - Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) pembangunan gedung...

Baca Juga