Pemprov Sulsel Gelar Musrenbang RKPD 2020

61

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Musrembang RKPD Atau Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2020 Tema “Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Untuk Pertumbuhan Sulawesi Selatan Yang Inklusif” Resmi dibuka oleh Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman di Phinisi Ballroom Claro Hotel Makassar (Kamis, 11/04/19).

Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman dalam sambutannya mengatakan jika indonesia menargetkan diri sebagai Lumbung Pangan dunia pada tahun 2045, dan membutuhkan dukungan setiap provinsi termasuk Sulsel sebagai Lumbung Pangan Nasional Saat ini. Selain itu, Luwu Raya dan Tator akan menjadi prioritas pengembangan Kakao dan Kopi.

“Luwu Raya dan Tana Toraja akan diprioritaskan sebagai lokasi pengembangan kakao dan kopi, sementara di Tahun 2045, kita juga target menjadi Lumbung Pangan Dunia.” ujarnya kementan.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel Professor HM Nurdin Abdullah dihadapan Mentan menyebutkan sejumlah program prioritas yang dianggarkan ditahun 2019, termasuk infrastruktur jalan dan pertanian. Nurdin juga berharap adanya uluran tangan pemerintah pusat untuk mendukung percepatan program di Sulawesi Selatan.

“Kami berharap agar apa yang telah di usulkan dapat tercover oleh APBD kab/kota dan Provinsi namun kami juga memerlukan uluran pemerintah Pusat.” Ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Luwu Utara, Muhammad Thahar Rum yang turut hadir bersama sejumlah kepala daerah se-sulawesi selatan, Mengatakan jika pemerintah daerah senantiasa mendukung apa yang telah dicanangkan oleh pemerintah Provinsi. yang terpenting adalag sinergitas pemerintah baik di tingkat atas hingga ke bawah.

“Apa yang telah diusulkan merupakan kebutuhan dari setiap daerah. Apalagi pemerintah provinsi sudah menambah anggaran bantuan sebanyak 300 miliar ke daerah. Dan kami tentu mendukung setiap kebijakan untuk percepatan pembangunan. Hilangkan ego sectoral bersama bersinergi.” Tambah Thahar.

Musrembang kali ini juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama antar pemerintah provinsi sulawesi selatan dengan pemerintah kabupaten/kota se-sulawesi selatan dalam pembangunan rendah karbon yang dirangkaikan dengan Musrembang Anak dengan menghadirkan perwakilan siswa dari 24 kabupaten Kota se sulawesi selatan.

Editor: Hendra Wijaya

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Duo Amran Komit Dukung Pendidikan Berkualitas Bagi Putra-Putri Wajo

SULSELSATU.com, WAJO - Bupati Wajo diwakili Wakil Bupati Wajo...

Indah Hadiri Deklarasi Genpi Lutra dan Launching Pasar Digital

SULSELSATU.com, LUTRA - Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani...

Tim Bentukan Pemkot Parepare Susun Amdal Pembangunan RS Hasri Ainun

SULSELSATU.com, PAREPARE - Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) pembangunan gedung...

Baca Juga