BPNB Sulsel Inventarisasi Karya Budaya di Parepare

3
Tim Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sulsel yang melakukan inventarisasi karya budaya di Kota Parepare. (Ist)

SULSELSATU.com, PAREPARE – Tim Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sulawesi Selatan melakukan kunjungan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare untuk menginventarisir objek-objek karya budaya, Jumat (12/4/2019).

Kunjungan tersebut sebagai tindak lanjut usulan objek karya budaya Disdikbud Parepare kepada BPNB Sulsel.

Pengelola Data Nilai Budaya BPNB Sulsel, Muhammad Aulia Rahmat mengatakan, untuk tahun ini, selain Kota Parepare, pihaknya juga mengunjungi Kabupaten Barru dengan agenda sama.

“Tahun ini hanya ada dua daerah di Sulsel, yaitu Parepare dan Barru. Diharapkan setelah objek budaya ini terinventarisir, selanjutnya dapat diusulkan untuk mendapatkan sertifikat Warisan Budaya Tak Benda (WBTB),” ujarnya.

Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Parepare, Mustadirham mengatakan, pengusulan Warisan Budaya Tak Benda seperti kuliner tradisional.

Disdikbud Kota Parepare, lanjut dia, menargetkan 40 jenis kuliner, 26 jenis tarian tradisional, 5 jenis olahraga dan 12 jenis permainan tradisional.

“Hari ini kami turun langsung mengambil gambar dan melakukan pendataan langsung. Alhamdulillah, kami sudah mencatat 14 kue tradisional dan tiga jenis tarian,” kata Mustaditham.

“Kami akan rampungkan hingga akhir April 2019. Diharapkan data yang kami usulkan dapat direspon dengan baik oleh BPNB Sulsel,” harap dia.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Hendra Wijaya

 

 

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Duo Amran Komit Dukung Pendidikan Berkualitas Bagi Putra-Putri Wajo

SULSELSATU.com, WAJO - Bupati Wajo diwakili Wakil Bupati Wajo...

Indah Hadiri Deklarasi Genpi Lutra dan Launching Pasar Digital

SULSELSATU.com, LUTRA - Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani...

Tim Bentukan Pemkot Parepare Susun Amdal Pembangunan RS Hasri Ainun

SULSELSATU.com, PAREPARE - Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) pembangunan gedung...

Baca Juga