BNNP Sulsel Gelar Bimtek Peningkatan Mutu Layanan Rehabilitasi

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Agar terlaksananya program layanan rehabilitasi narkotika yang berkualitas maka diperlukan peningkatan kemampuan melalui pemberian penguatan, dorongan dan fasilitasi layanan rehabilitasi bagi pecandu dan korban penyalahgunaan narkotika bagi lembaga rehabilitasi instansi pemerintah di Sulawesi Selatan.

Menindaklanjuti hal tersebut, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulsel menggelar bimbingan teknis Peningkatan Mutu Layanan Bagi BNNK dan Institusi Kesehatan di Provinsi Sulawesi Selatan selama dua hari mulai 25-26 April 2019 di Almadera Hotel Makassar.

Kegiatan ini diikuti oleh utusan BNNK kabupaten/kota di Sulsel, Dinkes Sulsel, Dinkes Kota Makassar, Gowa dan Kabupaten Maros serta layanan rehabilitasi rawat jalan di puskesmas kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan.

Dalam pemaparannya, Kepala BNNP Sulsel Brigjend Pol Idris Kadir menyatakan bahwa kondisi darurat narkoba di Indonesia sudah sangat mengkhawatirkan, termasuk di Sulawesi Selatan. 

“Kasus penyalahgunaan narkoba di Indonesia saat ini tercatat sebesar 3.347.124 kasus, sedangkan di Sulsel sebesar 133.503 kasus. Bahkan pengungkapan kasus baru sampai dengan April 2019 sudah diamankan lebih dari 30 Kg narkoba jenis sabu,” terang Idris.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pelaksana layanan rehabilitasi dalam skrining dan intervensi bagi korban penyalahgunaan narkoba agar dapat pulih, produktif dan berfungsi sosial. (Rls)

Editor: Hendra Wijaya