BPBD Parepare Beri Pelatihan Penanggulangan Bencana kepada TRC

Pelatihan penanggulangan bencana daerah yang digelar BPBD Parepare. (Ist)

SULSELSATU.com, PAREPARE – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar pelatihan penanggulangan bencana sebagai upaya meningkatkan pengetahuan atau wawasan staf dan Tim Reaksi Cepat (TRC) dalam menghadapi bencana.

Sekretaris Kota (Sekkot) Parepare, Iwan Asaad mengatakan, bencana merupakan rangkaian peristiwa yang mengancam kehidupan masyarakat. Timbul korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis.

“Parepare rentan terhadap berbagai bencana alam, seperti tanah longsor, banjir, kebakaran hutan atau lahan, angin kencang serta bencana yang disebabkan perilaku manusia,” katanya.

Karena itu, lanjut Iwan, mesti dilakukan pelatihan, khususnya kepada regu penolong agar tersedia SDM kebencanaan yang berkualitas secara memadai.

“Tujuannya memberikan penguasaan pengetahuan dengan menitiberatkan pada tataran keterampilan dalam kegiatan operasi penanggulangan bencana,” bebernya.

Menurutnya, pelatihan tersebut mengajarkan teknik penyelamatan yang baik, tidak hanya mempermudah dalam melakukan penyelamatan, namun juga dapat menjamin keselamatan penolong.

“Saya berharap peserta dapat memanfaatkan pelatihan sebaik-baiknya, sehingga menghasilkan kemampuan penanggulangan bencana secara efektif dan efisien,” jelas dia.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Hendra Wijaya