Catat, 8 Mei Timsel KI Sulsel Umumkan Calon Komisioner yang Lulus Berkas

(Foto/Ist)
images-ads-post

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Seleksi Komisi Informasi (KI) terus bergulir. Tahapan pendaftaran, pengambilan serta penyerahan formulir telah dilakukan. Pendaftaran dibuka sejak 15 April hingga 2 Mei lalu.

Panitia Seleksi (Pansel) KI Sulsel, Badaruddin menjelaskan dari sebanyak 113 pendaftar, yang mengembalikan formulir di bawah 90 orang. Selanjutnya, berkas yang dikembalikan pendaftar diseleksi mulai 3 Mei hingga hari ini, Senin (6/5/2019).

“Tim seleksi nantinya akan mengumumkan calon komisioner yang lulus seleksi berkas pada 8 Mei mendatang melalui media cetak dan elektronik,” kata Badar.

Tahapan selanjutnya, lanjut Badar, calon yang dinyatakan lulus berkas diminta untuk mengambil formulir untuk mengikuti tes kompetensi pada 13-14 Mei. Tes kompetensi sendiri akan dilaksanakan 16 Mei mendatang.

Proses tahapan seleksi, kata Badaruddin akan berlangsung sampai Juli mendatang, hingga mengerucut 10 calon yang akan mengikuti fit and proper test di DPRD Sulsel.

Masa jabatan komisioner Komisi Informasi (KI) Sulsel periode 2015-2019 akan berakhir Agustus mendatang sehingga diharapkan sebelum itu, sudah diperoleh komisioner baru yang akan bertugas selama empat tahun, 2019-2023.

Timsel yang akan melaksanakan proses seleksi berjumlah lima orang, di antaranya Kadis Kominfo SP sebagai Ketua Timsel, satu dari unsur akademisi, satu dari KI Publik Pusat yakni Wadah Satria Ummat, satu dari perwakilan masyarakat, dan satu lagi dari unsur media.

Dari sekitar 100 pendaftar, ada tiga incumbent komisioner KI yang kembali ikut berkompetisi. Di antaranya, Ketua KI periode 2015-2019 Pahir Halim, Andi Muh Ilham dan Abd Kadir Patwa.

Ada juga nama mantan komisioner KPU Makassar, Rahma Saiyed, mantan Kepala Badan Kominfo Sulsel, Amin Ahmad, mantan Badan Pengawas PDAM Hidayat Nahwi Rasul dan lainnya.

Ketua Timsel KI Sulsel Andi Hasdullah berharap seluruh tahapan seleksi bisa berjalan dengan lancar agar diperoleh komisioner untuk periode selanjutnya sesuai yang diharapkan.

“Semoga komisioner baru bisa bertugas tepat waktu, mengganti komisioner sebelumnya yang berakhir masa jabatan Agustus mendatang,” kata Andi Hasdullah.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Kink Kusuma Rein