Logo Sulselsatu

Puskesmas di Parepare Tak Layani Bayi Usia Lima Bulan Berobat, Ini Alasannya

Asrul
Asrul

Senin, 13 Mei 2019 14:14

Puskesmas Lapadde Parepare. (Ist)
Puskesmas Lapadde Parepare. (Ist)

SULSELSATU.com, PAREPARE – Pelayanan kesehatan di Puskesmas Lapadde, Kota Parepare, dikeluhkan warga lantaran ditolak saat akan memeriksakan anaknya yang berusia lima bulan.

Warga Lapadde, Dedot mengaku, membawa anaknya yang mengalami demam dan sering nangis untuk diperiksa di Puskesmas Lapadde. Namun petugas bagian loket menolak, dengan alasan jaminan kesehatan atau BPJS nya bermasalah.

“Hampir dua jam menunggu, saat giliran tiba petugas loket menolak. Katanya selesaikan dulu administrasi atau tunggakan di BPJS. Tapi karena kasihan dengan kondisi anak yang sakit, makanya saya minta untuk dimasukkan jadi peserta umum saja, tapi ditolak juga. Terpaksa saya bawa pulang anakku, tanpa diperiksa,” katanya, Senin (13/5/2019).

Ia menyesalkan sikap pihak Puskesmas Lapadde yang mementingkan prosedural dan kelengkapan berkas Tau administrasi, ketimbang keselamatan pasien atau manusia.

Sponsored by MGID

“Bagaimana mi itu kalau pasien yang sekarat mau berobat, na biarkan ji kapan mati tidak tertolong,” ujarnya kecewa.

Dikonfirmasi hal itu, Petugas Bagian Loket Puskesmas Lapadde, Ernawati mengaku, hanya menjalankan sesuai prosedur yang berlaku di tempat kerjanya.

“Kita jalan sesuai prosedur. Tidak bisa diberlakukan umum lantaran pembayaran BPJS nya menunggak, walaupun sudah dialihkan ke pemerintah, karena terbaca datanya di sistem. Jadi mesti dulu dilunasi tunggakannya baru bisa dilayani,” katanya.

“Sempat ji juga saya arahkan ke UGD sampai tunggakan BPJS nya terselesaikan,” tambah dia.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Hendra Wijaya

 

 

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video27 September 2021 23:22
VIDEO: Harimau Berukuran Besar di Grobogan Ternyata Hanya Editan, Pelaku Beri Klarifikasi
SULSELSATU.com – Seekor harimau berukuran cukup besar muncul di dekat pemukiman warga di Grobogan, Jawa Tengah. Video tersebut dibagikan oleh ak...
Makassar27 September 2021 21:13
Pulihkan Pariwisata Sulsel, Forum Pariwisata Sulsel Bergerak Launching Hastag #KeSulSelmi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Forum Pariwisata Sulsel Bergerak melaunching slogan hastag #KeSulSelMi di Kopi Kebun Jalan Racing Center Makassar, Se...
Video27 September 2021 20:57
VIDEO: Badak Bercula Satu Lepas, Tampak Berjalan Santai di Jalan Raya
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan badak bercula satu jalan-jalan di sebuah jalan raya. Dalam video terlihat badak bercula satu tengah...
Sponsored by MGID
Makassar27 September 2021 19:46
Kanwilkumham dan Dinsos MoU Pembinaan Warga Lapas, Plt Gubernur Sulsel Harap Ada Sertifikasi Pembinaan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kantor Wilayah Kemen...