iklan Kareba Parlementa

Demokrat Tegaskan Tak Ikut Jika Prabowo Tolak Hasil Pemilu dengan Cara Inkonstitusional

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, JAKARTA – Partai Demokrat menegaskan tak sudi mendukung penolakan hasil perhitungan suara Pemilu 2019 KPU oleh Capres Prabowo Subianto jika dilakukan dengan cara inkonstitusional.

“Pandangan kami, Partai Demokrat, silakan saja menolak hasil pemilu, ya, tapi melalui jalan konstitusional. Kita berjuang di depan hukum. Karena menolak itu kan memang juga bagian dari hak peserta pemilu yang diatur di UU kita ya,” ujar Ketua DPP Partai Demokrat (PD) Jansen Sitindaon seperti dikutip Detik, Rabu (15/5/2019).

Aturan soal perselisihan pemilu diatur dalam Pasal 475 UU Pemilu No 7 Tahun 2017. Dalam aturan tersebut dijelaskan, jika terjadi perselisihan penetapan perolehan suara sehingga peserta pemilu cq pasangan calon menolak penetapan KPU, penolakan disalurkan melalui jalur hukum untuk dibuktikan ulang kebenarannya melalui Mahkamah Konstitusi (MK).

“Di forum inilah dibuktikan segala kecurangan yang ada berdasarkan bukti-bukti yang dipunya. Karena pemilu ini kan ada mekanisme dan tata caranya. Dan tata caranya ini kita semua partai yang hari ini jadi peserta pemilu juga yang buat kan melalui DPR,” ujar Jansen.

Jika jalur konstitusional seperti itu yang akan ditempuh Prabowo-Sandiaga, Jansen menyatakan Demokrat siap mendukung. Namun bila penolakan dilakukan dengan cara-cara di luar jalur hukum, partai pimpinan Ketum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu dengan tegas menyatakan tidak mau ikut terlibat, meski berada dalam satu koalisi.

“Sepanjang menolak hasil Pemilu yang disampaikan Pak Prabowo itu ditempuh melalui jalan konstitusional kami Partai Demokrat pasti akan dukung,” kata Jansen.

“Namun jika penolakannya memakai jalan lain yang sifatnya inkonstitusional, apalagi sampai mengadu-ngadu rakyat di bawah yang berpotensi memakan korban sesama anak bangsa sendiri, maka kami Demokrat menolak untuk terlibat,” sambungnya.

Jansen, yang baru saja menjadi saksi pleno rekapitulasi KPU pusat, menyatakan Demokrat siap menjaga keutuhan bangsa. Partai berlambang mirip logo Mercy ini menyarankan penolakan hasil pemilu dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Sebagai partai yang dipimpin oleh mantan presiden yang pernah menjaga Indonesia ini selama 10 tahun tetap utuh dan rukun, tentu jalan Demokrat adalah jalan konstitusional yang menghindari betul perpecahan di bangsa ini. Sepanjang masih tersedia jalan konstitusional yang cara kerjanya masih bisa kita awasi bersama, mari kita tempuh jalan itu dulu,” papar Jansen.

Soal klaim kemenangan yang dinyatakan pasangan nomor urut 02, ia menyebut hal tersebut masih tergolong wajar. Jansen juga menilai koalisi Jokowi-Ma’ruf Amin melakukan hal serupa.

“Dengan situasi politik yang masih sangat panas setelah pemungutan suara saat ini, dan masih belum adanya pengumuman pemenang maka tentu masing-masing koalisi mencari cara untuk mencari legitimasi dari rakyat ya. Klaim kemenangan oleh masing masing pihak adalah wajar di saat juri belum menentukan pemenangnya kan,” kata juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi itu.

Seperti diketahui, Prabowo-Sandiaga menggelar simposium klaim kecurangan Pemilu 2019, Selasa (14/5). Saat memberikan pidato, Prabowo menyatakan menolak hasil penghitungan Pemilu 2019 yang dilakukan KPU karena dianggap penuh kecurangan.

“Kami masih menaruh harapan kepadamu (KPU). Tapi sikap saya yang jelas saya akan menolak hasil penghitungan pemilu. Hasil penghitungan yang curang. Kami tidak bisa menerima ketidakadilan dan ketidakjujuran,” ujar Prabowo.

Prabowo bahkan mengaku akan membuat surat wasiat terkait hal tersebut. Meski begitu, masih belum jelas secara rinci maksud ‘surat wasiat’ itu.

Editor: Hendra Wijaya

Iklan PDAM
...

Populer

Polres Jeneponto Ungkap Motif Tewasnya Pemuda Asal Bantaeng

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pihak kepolisian Polres Jeneponto berhasil mengungkap motif tewasnya Rendy Sacada (23) pemuda asal Jl, Raya Lanto nomor 21, Tappanjeng, Kabupaten Bantaeng...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

Menangkan Pertarungan Tahap Pertama, KPU Tetapkan Irman – Zunnun Diusung 15 Kursi dari Tiga Parpol

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar secara resmi menetapkan Irman Yasin Limpo - Andi Zunnun Armin NH, sebagai Calon Wali Kota dan...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

Enam Staf Positif Covid-19, Pelayanan di DPMPTSP Jeneponto Tutup Sementara

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jeneponto yang berada di Jl Ishak Iskandar ditutup sementara. Penutupan pelayanan di...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

VIDEO: Viral, Sebuah Kuburan Keluarkan Darah Segar dan Bau Amis

  SULSELSATU.com - Sebuah makam yang dipenuhi oleh cairan berwarna merah yang diduga darah viral di media sosial, Minggu (20/9). Dalam video terlihat makam itu amblas...

Pesan Jokowi Saat KLB Gerindra: Prioritaskan Kesehatan dan Keselamatan Rakyat

SULSELSATU.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para kader Partai Gerindra...

Artikel Lainnya

Sidang Ketiga Sengketa Pilpres, Digelar Maraton hingga Hariz Ashar Tolak Bersaksi

SULSELSATU.com, JAKARTA - Sidang sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK),...

Pemkab Sidrap Akan Gelar Maulid Akbar, Ini Persiapannya

SULSELSATU.com, SIDRAP - Maulid akbar tingkat Kabupaten Sidrap tahun ini rencananya...

Ini Perolehan Medali Sinjai di Porda Sulsel

SULSELSATU.com, SINJAI - Bupati dan wakil bupati Sinjai, Andi Seto Ghadista...

Wawali Parepare Imbau Hindari Hoaks di Tahun Politik

SULSELSATU.com, PAREPARE - Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare ikut mendukung peran kepolisian...

Jorge Lorenzo dan Max Biaggi Terpilih Jadi Legenda MotoGP

JAKARTA - Eks pebalap asal Spanyol Jorge Lorenzo terpilih jadi MotoGP...

Terkini

VIDEO: Utang Belum Dilunasi, Anak Kandung di Ponorogo Tega Robohkan Rumah Milik Ibunya

    SULSELSATU.com - Seorang anak tega merobohkan rumah ibu kandungnya sendiri viral...

Banner Askar-Pipink Berkibar di Laut dan Gunung

SULSELSATU.com, BULUKUMBA - Berbagai cara dilakukan Tim, Relawan, juga simpatisan untuk...

VIDEO: Pidato Presiden Jokowi di Sidang PBB

SULSELSATU.com - Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato di Sidang Umum PBB,...

Buka Forum OSOA, Sekprov Dorong Inklusi Ekonomi Nasional

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Abdul Hayat...

Rudy Tegaskan Belum Izinkan THM dan Panti Pijat Beroperasi

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Penjabat Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin menegaskan jika...