Logo Sulselsatu

Kemendag Klaim Harga Bawang Putih Turun 50 Persen

Asrul
Asrul

Rabu, 29 Mei 2019 17:16

Ilustrasi. (Int)
Ilustrasi. (Int)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Kementerian Perdagangan menyebut harga bawang putih turun 50 persen. Usai melonjak tajam pada awal Ramadan yang menyentuh Rp80 ribu per kilogram, kini harga bawang turun jadi Rp40 ribu per kilogram.

Inspektur Jenderal Kemendag Srie Agustina mengatakan harga bawang putih menyentuh Rp40 ribu per Kg. Sedangkan bawang putih cutting turun ke harga Rp50 ribu per Kg dari harga sebelumnya, yakni Rp100 ribu per Kg.

Berdasarkan pantauan di Pasar Minggu dan Pasar Jatinegara, harga bawang putih jenis honan dijual Rp40 ribu per kg kepada konsumen. Sedangkan harga bawang putih sebesar Rp50 ribu per kg.

Baca Juga : Jelang Natal dan Tahun Baru, Menteri Perdagangan Cek Harga Sembako di Pasar Tradisional

“Menurut saya (harga bawang putih honan) signifikan turun, bayangin dari Rp80 ribu per kg langsung turun Rp50 ribu, lalu Rp40 ribu. Itu kan turunnya signifikan sekali menurut saya,” katanya, seperti dikutip CNNIndonesia, Rabu (29/5/2019).

Sponsored by MGID

Namun, ia bilang masih ada beberapa pedagang bawang putih jenis honan yang menjual di harga Rp42 ribu. Sebab, pedagang tersebut masih menggunakan campuran pasokan bawang putih lama dengan harga yang lebih tinggi. Tetapi, ia meyakini harga tersebut akan berangsur turun.

Kendati demikian, harga tersebut masih lebih tinggi dari harga Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah untuk komoditas bawang putih. HET bawang puting honan atau sico ditetapkan Rp32 ribu pada tingkat konsumen di pasar tradisional dan sebesar Rp35 ribu di pasar ritel modern.

Baca Juga : Pantau Stabilitas Harga Jelang Lebaran, Iqbal Suhaeb Sidak Pasar Tradisional

“Tentu saja kami berharap harga ini akan terus turun sampai dengan harga yang layak dan wajar, yaitu Rp32 ribu di pasar rakyat dan Rp35 ribu di pasar modern,” imbuh dia.

Menurut Srie, penurunan harga bawang putih disebabkan pasokan bawang putih impor yang digelontorkan ke pasar melalui Operasi Pasar (OP) sejak awal ramadan. Di Pasar Minggu, misalnya, pemerintah telah mengguyur bawang putih sebanyak 3,6 ton sejak awal Ramadan.

Ia menyebut pemerintah akan terus menggelontorkan bawang putih ke pasar hingga harganya stabil di level HET.

Baca Juga : Jelang Lebaran, Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Jeneponto Naik

“Intinya berapa pun kebutuhan pasar itu akan dipasok sampai dengan lebaran,” jelas Srie.

Hal tersebut diamini oleh pedagang bawang putih. Amsori (56 tahun), pedagang bawang putih di Pasar Jatinegara, mengungkapkan harga bawang putih baik jenis honan maupun cutting.

“Bawang putih honan dijual Rp40 per kg, kami belinya di agen Rp33 ribum Kalau cutting jualnya Rp45 per kg kami belinya Rp38 per kg,” jelasnya.

Baca Juga : Jelang Lebaran, Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Jeneponto Naik

Editor: Awang Darmawan

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video31 Juli 2021 00:46
VIDEO: Momen Kocak Ganjar Pranowo Dicuekin Mendagri Tito Saat Kuker di Jateng
SULSELSATU.com – Momen kocak saat kunjungan kerja (Kuker) Mendagri Tito Karnavian di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Kamis (29/7/2021). Dalam vid...
Video30 Juli 2021 23:10
VIDEO: Setelah Viral, Rafael Malalangi Akhirnya Dinyatakan Lulus Seleksi Calon Bintara Polri 2021
SULSELSATU.com – Kisah Rafael Malalangi viral di media sosial lantaran namanya menghilang dari pengumuman kedua Calon Bintara Polri 2021. Rafael...
Pendidikan30 Juli 2021 21:37
Temui Bupati Polman, Rektor UNM Pastikan Mahasiswa KKN UNM di Polman Tetap Lanjut
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Negeri Makassar di Polewali Mandar akhirnya tetap berlanjut. H...
Sponsored by MGID
Video30 Juli 2021 21:15
VIDEO: Jubir Satgas Covid-19 Jeneponto Nyaris Dikeroyok, Oknum Lurah Diduga Provokator
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Sebuah video menjadi viral Jubir Satgas Covid-19 Jeneponto, Suryaningrat, nyaris dikeroyok massa. Oknum lurah diduga...