Logo Sulselsatu

Evaluasi Pemilu 2019, Nurdin Halid: Pileg dan Pilpres Sebaiknya Dipisahkan

Asrul
Asrul

Jumat, 07 Juni 2019 11:00

Evaluasi Pemilu 2019, Nurdin Halid: Pileg dan Pilpres Sebaiknya Dipisahkan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Evaluasi terhadap pemilu serentak tahun 2019 telah dilakukan Ketua DPD I Partai Golkar Sulawesi Selatan, Nurdin Halid (NH).
Dia berpandangan sistem Pemilu 2019 dinilai merugikan partai dan calon legislatif (Caleg) Golkar. Ia merasa partai tidak mendapat kursi proporsional padahal perolehan suara besar.
“Salah satu contoh untuk suara caleg Golkar, Daerah Pemilihan DPR RI total meraih suara 800 ribuan hanya mendapat empat kursi, sedangkan ada partai lain meraih 600 ribuan suara, atau selisih 200 ribu suara, tetapi perolehan kursinya sama dengan Golkar,” kata NH di Makassar, Jumat (7/6/2019).
Selain itu, kata dia, sistem ini juga berdampak pada suara caleg di tingkat provinsi dan kabupaten kota.
NH berpendapat sistem menggunakan perhitungan Sainte Lague yang mengkonversi suara DPR RI, DPRD provinsi dan kabupaten dianggap sangat merugikan partai dan caleg.
“Saya sudah membicarakan persoalan ini dengan pengurus di tingkat pusat termasuk yang duduk di DPR RI untuk membahas dan mengevaluasi sistem tersebut dengan menyiapkan sistem barunya. Kemudian memisahkan pelaksanaan pileg dan pilpres,” ujar Wakil Ketua DPP Golkar ini.
Sekadar diketahui, pada Pileg 2014 lalu Partai Golkar mampu meraih 18 kursi di DPRD Sulsel dan menjadi Ketua DPRD. Sementara pemilu tahun ini, meski masih jadi pemenang, Partai Golkar hanya mendapat 13 kursi.
Penulis: Asrul
Editor: Kink Kusuma Rein

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

OPD04 Desember 2022 20:25
Hari Pertama Reses, Rudianto Lallo Terima Keluhan Drainase dan Jalan Rusak
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo kembali menyapa warga Kelurahan Kaluku Bodoa dan Pannampu Kecamatan Tallo, K...
Ekonomi04 Desember 2022 19:22
BRI Raih Penghargaan Bank Teraktif dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Pada LPS Banking Awards 2022
SULSELSATU.com – Literasi keuangan harus terus didorong untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan keuangan formal. Konsisten melakukan ed...
Ekonomi04 Desember 2022 18:21
Wapres Ma’ruf Amin Dorong Percepatan Konversi Bank Sulselbar ke Syariah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin mengapresiasi dan mendorong percepatan konversi bank Sulselbar menjadi bank s...
Otomotif04 Desember 2022 17:13
Bukti Pelayanan Prima, Asmo Sulsel Buka Parkiran Khusus Motor Matik Premium di Mall Phinisi Point
Asmo Sulsel beri pelayanan prima bagi konsumen dengan menghadirkan parkir khusus motor matik premium Honda di Mall Phinisi Point Makassar...