Logo Sulselsatu

Pemkab Lutra: Perolehan WTP, Bukti Sistem Pengendalian Internal Berjalan Optimal

Asrul
Asrul

Selasa, 18 Juni 2019 16:00

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MASAMBA – DPRD Luwu Utara kembali menggelar Rapat Paripurna tentang Penyerahan Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018, di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Senin (17/6/2019).

Hadir mewakili Bupati Lutra, Asisten Administrasi Umum, Muhammad Kasrum, sekaligus membacakan sambutan bupati di hadapan Pimpinan dan Anggota DPRD.

Dalam sambutan bupati, Kasrum menyinggung capaian Pemda Lutra yang kembali berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) TA 2018.

Baca Juga : Kepala Desa Sassa Ucap Syukur Ada Abang Fauzi di Senayan Perjuangkan Kepentingan Warga

“Hasil penting atas laporan keuangan kita adalah opini WTP dari BPK yang ketujuh kali dan enam kali secara beruntun,” kata Kasrum.

Ia menyebutkan, penyusunan dan penyajian LKPD 2018 meliputi Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Operasional, Laporan Perubahan SAL, Laporan Perubahan Ekuitas, Neraca, dan Laporan Arus Kas.

“LKPD kita yang berujung WTP tentunya menginformasikan, semakin optimalnya Sistem Pengendalian Intern (SPI) dan pengawasan pengelolaan keuangan kita,” ujarnya.

Baca Juga : VIDEO: Permintaan Maaf Siswi di Luwu Utara Usai Video Joget di Musala Viral

Hal ini, kata dia, tentunya berdampak pada kualitas LKPD, terutama terkait dengan kepatutan dan ketaatan pada regulasi keuangan yang berlaku.

“Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2018 sesungguhnya adalah akumulasi dari capaian kinerja seluruh perangkat daerah dalam laporan keuangan yang berakhir pada tersajinya LKPD Lutra,” kata Kasrum.

Selain Pimpinan dan Anggota DPRD, turut hadir dalam Rapat Paripurna DPRD ini Perwira Penghubung Mayor CBA Sengke, Sekretaris DPRD Muchtar Jaya, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Abdul Hakim Bukara, serta para Kepala Perangkat Daerah dan pejabat lainnya Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara.

Baca Juga : Muhammad Fauzi Tinjau Pengerjaan Rehabilitasi Drainase di Kappuna Lutra

Editor: Kink Kusuma Rein

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar24 April 2024 13:26
Firman Pagarra Berbagi Inovasi KTR di Forum The 3rd Mayor Meeting For Eastern Indonesia
PJ Sekda Kota Makassar Firman Hamid Pagarra menyebutkan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memiliki komitmen yang tinggi dalam mengimplementasian Kawas...
Makassar24 April 2024 09:30
Ketua TP PKK Kota Makassar Apresiasi Pihak di Kecamatan Makassar
Ketua TP PKK Kota Makassar Indira Yusuf Ismail dengan penuh rasa bangga mengapresiasi sejumlah pihak di Kecamatan Makassar....
Video23 April 2024 23:59
VIDEO: Presiden Jokowi Beri Sepeda kepada Siswa SMK Rangas Usai Dites Hafalan Pancasila
SULSELSATU.com – Dua Siswa SMK Rangas Mamuju, Sulawesi Barat, Menerima Sepeda dari Presiden Jokowi Setelah Tes Hafalan Pancasila. Momen di mana ...
Hukum23 April 2024 22:44
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Terima Kunjungan Tim dari BPIP RI
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel), Liberti Sitinjak meneri...