Logo Sulselsatu

Pemkab Lutra: Perolehan WTP, Bukti Sistem Pengendalian Internal Berjalan Optimal

Asrul
Asrul

Selasa, 18 Juni 2019 16:00

Pemkab Lutra: Perolehan WTP, Bukti Sistem Pengendalian Internal Berjalan Optimal

SULSELSATU.com, MASAMBA – DPRD Luwu Utara kembali menggelar Rapat Paripurna tentang Penyerahan Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018, di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Senin (17/6/2019).

Hadir mewakili Bupati Lutra, Asisten Administrasi Umum, Muhammad Kasrum, sekaligus membacakan sambutan bupati di hadapan Pimpinan dan Anggota DPRD.

Dalam sambutan bupati, Kasrum menyinggung capaian Pemda Lutra yang kembali berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) TA 2018.

Baca Juga : VIDEO: Hujan Deras dan Angin Kencang, 3 Pohon Tumbang di Baebunta Luwu Utara

“Hasil penting atas laporan keuangan kita adalah opini WTP dari BPK yang ketujuh kali dan enam kali secara beruntun,” kata Kasrum.

Ia menyebutkan, penyusunan dan penyajian LKPD 2018 meliputi Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Operasional, Laporan Perubahan SAL, Laporan Perubahan Ekuitas, Neraca, dan Laporan Arus Kas.

“LKPD kita yang berujung WTP tentunya menginformasikan, semakin optimalnya Sistem Pengendalian Intern (SPI) dan pengawasan pengelolaan keuangan kita,” ujarnya.

Baca Juga : Bupati Indah Bantah Larang Terima Bantuan NasDem Untuk Kakek Nyahmun

Hal ini, kata dia, tentunya berdampak pada kualitas LKPD, terutama terkait dengan kepatutan dan ketaatan pada regulasi keuangan yang berlaku.

“Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2018 sesungguhnya adalah akumulasi dari capaian kinerja seluruh perangkat daerah dalam laporan keuangan yang berakhir pada tersajinya LKPD Lutra,” kata Kasrum.

Selain Pimpinan dan Anggota DPRD, turut hadir dalam Rapat Paripurna DPRD ini Perwira Penghubung Mayor CBA Sengke, Sekretaris DPRD Muchtar Jaya, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Abdul Hakim Bukara, serta para Kepala Perangkat Daerah dan pejabat lainnya Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara.

Baca Juga : Kades di Luwu Utara Tolak Bantuan NasDem Untuk Kakek Nyahmun, Alasannya Perintah Bupati

Editor: Kink Kusuma Rein

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

Video30 November 2022 21:46
VIDEO: Walikota Makassar Danny Pomanto Main Latto-Latto Dengan Anak-anak
SULSELSATU.com – Permainan Latto-latto’ atau katto-Katto tengah ramai dimainkan anak-anak di Makassar dan sekitarnya. Bahkan Walikota Maka...
Tokoh30 November 2022 21:30
Nuraeni Putus Lingkaran KDRT Lewat Kelompok Perempuan Berdaya
Cara Nuraeni memutus rantai KDRT lewat kelompok perempuan berdaya...
Makassar30 November 2022 19:11
Respon Instruksi Danny Pomanto, Dinas PU Lakukan Pengerukan Sedimen di Saluran Sekunder
Danny pomanto minta dinas PU lakukan perawatan drainase ...