Logo Sulselsatu

Jokowi-Ma’ruf Amin Tak Berada di Jakarta saat Sidang Putusan MK

Asrul
Asrul

Rabu, 26 Juni 2019 10:09

Prabowo dan Jokowi. (Foto/Int)
Prabowo dan Jokowi. (Foto/Int)

SULSELSATU.com – Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin memastikan pasangan capres-cawapres nomor 01 tidak akan menghadiri sidang putusan akhir perselisihan hasil pemilu (PHPU) pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) yang akan digelar Kamis (27/6/2019) besok.

Wakil Direktur Bidang Hukum dan Advokasi TKN, Juri Ardiantoro mengatakan Jokowi-Ma’ruf telah mendelegasikan kehadirannya pada seluruh anggota tim hukum TKN di MK.

“Prinsipnya, sudah dikuasakan kepada tim kuasa hukum,” kata Juri dilansir CNNIndonesia.com, Rabu (26/6).

Baca Juga : Tanggapan TKD Jokowi-Ma’ruf Pasca MK Tolak Gugatan Prabowo-Sandi

Lebih lanjut, Mantan Komisioner KPU itu menyatakan Jokowi tak bisa menghadiri putusan MK karena sedang bertugas di luar negeri.

Ia menyatakan Jokowi sebagai presiden Indonesia sedang bertugas mewakili Indonesia pada KTT G20 yang berlangsung di Osaka, Jepang pada 27 Juni mendatang.

“Pak Jokowi ada acara di [KTT] G20 di luar negeri,” kata Juri.

Baca Juga : PBNU Ajak Istighotsah Saat Putusan MK

Selain Jokowi, Juri mengatakan Ma’ruf Amin turut memiliki agenda tersendiri pada tanggal 27 Juni esok di Banten. Ia menyatakan Ma’ruf berencana akan menggelar Haul Ke-126 Syekh Nawawi Al-Bantani di Pesantren An-Nawawi Tanara, Serang, Banten.

“Kyai ada di Tanara serang. Di pondoknya mempersiapkan haul tanggal 28 [Juni],” kata dia.

Sebelumnya, Jokowi-Ma’ruf sendiri tidak menghadiri sidang pendahuluan PHPU Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi yang digelar Jumat (14/6) lalu. Kala itu, keduanya memiliki agenda tersendiri dan mendelegasikan kepada para Sekjen Koalisi Indonesia Kerja dan tim hukum TKN.

Baca Juga : Adem, TKN dan BPN Optimis Rekonsiliasi Jokowi-Prabowo Segera Terwujud

Senada dengan Jokowi-Ma’ruf, koordinator juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN), Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno tidak akan hadir dalam sidang pembacaan putusan di MK besok.

“Tidak ada. Kita sepenuhnya sudah kuasakan kepada kuasa hukum yang dipimpin oleh Mas Bambang Widjojanto,” kata Dahnil di Media Center BPN Prabowo-Sandi, Jakarta, Senin (24/6).

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video20 April 2024 23:32
VIDEO: Sepeda Motor Terbakar di Hertasning Makassar Usai Terjatuh
SULSELSATU.com – Sebuah motor terbakar di Jalan Hertasning, Makassar, pada Sabtu (20/4/2024). Kejadian ini dimulai ketika motor terbalik akibat ...
Video20 April 2024 22:33
VIDEO: PP Muhammadiyah Harap Putusan MK Soal Sengketa Pilpres Bebas Dari Tekanan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Mahkamah Konstitusi (MK) akan mengumumkan hasil keputusan sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) yang di gugat oleh Pa...
Makassar20 April 2024 21:09
Konjen Filipina Terkesan dengan Makassar, Marry Jennifer: Saya Akan Kembali!
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama dengan jajaran pemerintah kota tak pernah gagal membuat tamu-tamu terkesan, baik tamu nasional maupun I...
Video20 April 2024 20:43
VIDEO: Optimis Gugatan Ganjar dan Anies di Tolak MK, Idrus Marham Usulkan Segera Dibentuk Dewan Etik
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sekretaris Tim Kerja Strategis (TKS) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Idrus Marham yakin Mahkamah Konstitusi ...