Logo Sulselsatu

Hobi Minum Kopi Bantu Cegah Obesitas

Asrul
Asrul

Kamis, 27 Juni 2019 14:57

Ilustrasi (int)
Ilustrasi (int)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Scientific Reports menyatakan kebiasaan mengonsumsi kopi mampu membantu mencegah obesitas. Hal tersebut ditemukan dalam sebuah studi anyar yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of Nottingham, Inggris.

Dalam hasil penelitian tersebut, pencegahan dilakukan melalui lemak cokelat yang membantu tubuh mengubah nutrisi menjadi energi dan panas.

“Ini adalah studi pertama pada manusia untuk menunjukkan bahwa secangkir kopi memiliki efek langsung pada fungsi lemak cokelat kita,” ujar penulis studi Profesor Michael Symonds, mengutip Medical News Today.

Sebelumnya para ahli mengaitkan obesitas dengan lemak putih atau kuning. Lemak jenis ini dihasilkan dari kelebihan cadangan kalori. Para peneliti berpikir, jika lemak putih bisa diubah menjadi lemak cokelat, maka harapan untuk melawan obesitas pun muncul.

Lemak cokelat atau disebut juga sebagai lemak baik dapat membantu tubuh mengubah nutrisi menjadi energi dan panas. Lemak bekerja dengan mengaktifkan uncoupling protein 1 (UCP 1) yang berada di dalam mitokondria. Nama terakhir merupakan organel tempat berlangsungnya fungsi respirasi sel makhluk hidup.

“Implikasi potensial dari hasil kami cukup besar karena obesitas adalah masalah kesehatan utama masyarakat,” kata Symonds. Lemak cokelat, lanjutnya, berpotensi menjadi bagian dari solusi.

Symonds dan timnya melakukan eksperimen in vitro dan in vivo untuk melihat efek kafein pada produksi panas lemak cokelat atau thermogenesis.

Hasilnya, positif. Konsumsi kopi dapat menstimulasi temperatur lemak cokelat yang mengindikasikan terjadinya thermogenesis. Hasil ini juga sekaligus membuktikan bahwa kopi dapat mencegah obesitas.

Symonds mengatakan, temuannya juga dapat digunakan sebagai bagian dari program pengaturan berat badan atau bagian dari program kontrol gula darah bagi mereka yang mengidap diabetes.

Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

Video05 Desember 2022 22:40
VIDEO: Panggung Acara Anies Baswedan di Pekanbaru Ambruk
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan panggung acara Rapat Akbar Relawan Anies Baswedan di Pekanbaru roboh. Video tersebut terjadi saat r...
Ekonomi05 Desember 2022 19:35
Selamatkan Masyarakat Dari Jerat Rentenir, Perempuan Ini Sukses Jadi Agen BRILink dan UMi
  SULSELSATU.com – Siapapun bisa menjadi AgenBRILink yang sukses asal memiliki kemauan. Ini terbukti pada sosok wanita asal Barito Kuala, Banja...
Video05 Desember 2022 19:10
VIDEO: Pertandingan Latto-latto di Soppeng, Dua Bocah Bertanding Sampai 4 Jam 47 Menit
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan 2 orang tengah bertanding bermain latto-latto untuk memperebutkan 1 unit sepeda. Juara 1 merupakan ...
Kriminal05 Desember 2022 18:30
Kasus Pembuangan Bayi Marak Terjadi, Tiga Bulan Terakhir Ada Enam Kasus
Kasus pembuangan bayi marak terjadi di Kota Makassar ...