Logo Sulselsatu

Hasil Copa America: Singkirkan Paraguay Lewat Adu Penalti, Brasil ke Semifinal

Asrul
Asrul

Jumat, 28 Juni 2019 19:11

Selebrasi pemain timnas Brasil saat adu penalti lawan Paraguay di Copa America 2019. (Ist)
Selebrasi pemain timnas Brasil saat adu penalti lawan Paraguay di Copa America 2019. (Ist)

SULSELSATU.com, PORTO ALEGRE – Tuan rumah Brasil memastikan tiket ke semifinal Copa America 2019 setelah mengalahkan Praguay lewat drama adu penalti yang berkesudahan 4-3.

Bermain di Arena do Gremio, Jumat (28/6/2019) pagi, pada awal-awal laga Brasil sempat dikejutkan serangan cepat Paraguay saat laga belum genap satu menit. Derlis Gonzalez melepas tembakan yang masih menyamping ke sisi kiri gawang Alisson Becker.

Brasil gantian mengancam selang tiga menit kemudian. Dua tembakan mengarah ke gawang dilepaskan oleh Roberto Firmino dan Everton, namun semuanya masih bisa diamankan kiper Paraguay.

Baca Juga : Hasil Copa America: Argentina Ditahan Imbang Paraguay 1-1

Selepas itu, Brasil kesulitan menembus pertahanan Paraguay meski dominan dalam penguasaan bola. Permainan keras Paraguay menjadi salah satu terhambatnya aliran bola Brasil ke sepertiga akhir pertahanan Paraguay.

Brasil malah nyaris kebobolan di menit ke-28. Derlis melepas tembakan dari jarak dekat, namun bola berhasil ditepis Alisson.

Brasil baru bisa kembali membuat ancaman di menit ke-39. Bola tembakan Philippe Coutinho dari jarak dekat mampu ditepis kiper Roberto Fernandez. Babak pertama pun tuntas dengan skor 0-0.

Baca Juga : Hasil Copa America: Unggul 1-0 Atas Qatar, Kolombia ke Perempat Final

Brasil langsung menekan pertahanan Paraguay di awal babak kedua. Peluang didapat Selecao lewat tembakan Coutinho di menit ke-49, namun bola masih bisa diamankan kiper.

Paraguay harus bermain dengan 10 orang di menit ke-58. Fabian Balbuena diganjar kartu merah langsung setelah menjegal Firmino tepat di depan kotak penalti.

Keputusan itu dibikin wasit Roberto Tobar setelah meninjau lewat VAR, untuk mengubah keputusannya yang memberi penalti ke Brasil menjadi tendangan bebas.

Kalah jumlah pemain memaksa Paraguay untuk bertahan lebih dalam. Situasi itu semakin bikin Brasil susah masuk ke kotak penalti lawan.

Brasil membuang peluang emas di menit ke-74. Umpan silang Everton gagal disundul dengan sempurna oleh Coutinho. Bola jatuh ke kaki Gabriel Jesus, yang langsung melepaskan tembakan dari jarak sangat dekat. Bola tembakan Jesus justru mengarah ke samping gawang.

Brasil mendapat peluang emas di menit ke-88. Alex Sandro berhasil menyambar bola dari tendangan bebas dengan kepalanya. Percobaan itu gagal berbuah gol setelah bola mampu ditepis Fernandez.

Selang semenit kemudian peluang kembali didapat Brasil. Bola tembakan kaki kiri Willian masih membentur tiang. Bola rebound gagal disambar Jesus.

Tak ada gol hingga laga 90 menit berakhir. Pemenang pun harus ditentukan lewat tos-tosan, tanpa ada tambahan waktu 2×15 menit.

Paraguay maju menjadi tim penendang pertama, yang menempatkan Gustavo Gomez. Alisson berhasil menggagalkan tembakan Gomez. Willian membawa Brasil unggul 1-0 setelah tembakannya gagal dibaca oleh Fernandez.

Miguel Almiron berhasil membuat Paraguay menyamakan skor menjadi 1-1. Marquinhos membawa Brasil kembali unggul 2-1.

Bruno Valdez membawa Paraguay menyamakan skor menjadi 2-2, namun Coutinho mampu membawa Brasil unggul 3-2 Tembakan Rodrigo Rojas gagal dihalau Alisson, yang membuat skor berubah menjadi 3-3. Di sisi lain, Firmino gagal menjalankan tugasnya, namun Derlis Gonzalez dari Paraguay juga ikut gagal.

Jesus maju sebagai eksekutor terakhir. Striker asal Manchester City itu berhasil melesakkan gol dan mengantarkan Brasil ke semifinal setelah menang adu penalti 4-3.

Susunan Pemain:

Brasil: Alisson; Dani Alves (Lucas Paqueta 83′), Marquinhos, Thiago Silva, Filipe Luis (Alex Sandro 46′); Arthur, Allan (Willian 71′); Gabriel Jesus, Philippe Coutinho, Everton; Roberto Firmino.

Paraguay: Roberto Fernandez; Ivan Piris, Gustavo Gomez, Fabian Balbuena, Junior Alonso, Santiago Arzamendia (Bruno Valdez 61′); Derlis Gonzalez, Richard Sanchez (Juan Escobar 78′), Celso Ortiz, Hernan Perez (Rodrigo Rojas 75′); Miguel Almiron.

Editor: Hendra Wijaya

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Bisnis28 Maret 2024 17:39
Pengiriman Barang Lebih Cepat dan Mudah Melalui Layanan Same Day Delivery Cahaya Bone
Cahaya Bone sebagai salah satu lini bisnis Kalla Transport & Logistcs (Translog) senantiasa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat....
Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....
Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...
Aneka28 Maret 2024 13:55
Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Gerakan Sedekah Pohon
SULSELSATU.com, BONE – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kembali mencetak sejarah dengan melakukan gerakan sedekah pohon untuk masya...