Logo Sulselsatu

Pemuda Harus Jaga Nilai-nilai Kebudayaan dan Nasionalisme

Asrul
Asrul

Selasa, 13 Agustus 2019 22:58

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Makassar Christopher Aviary mengatakan, generasi muda khususnya yang ada di Kota Makassar wajib menjaga nilai-nilai kebudayaan dan nasionalisme di tengah berubahnya perkembangan zaman.

Menurutnya, generasi muda sebagai agent of change (agen perubahan) harus selalu menjaga nilai-nilai kebudayaan dan nasionalisme yang selama ini dianut bangsa Indonesia walaupun terjadi perubahan zaman.

Baca Juga : KNPI Makassar Gelar Kegiatan Kepemudaan di Kecamatan Selama Ramadan

“Perubahan teknologi sudah pasti. Suka tidak suka kita alami. Kita harus masuk di dalamnya dan kita ikut. Tetapi menjaga nilai-nilai budaya, kebangsaan, Pancasila, dan nasionalisme itu wajib. Tidak bisa kita singkirkan,” ujar Christopher, saat ditemui usai menjadi pembicara dalam dialog rutin Wali Kota Makassar di Kafe Iconik, Selasa (13/8/2019).

Dia mengatakan, kemajuan zaman yang ditandai dengan teknologi tidak boleh serta merta menghilangkan nilai-nilai kebudayaan dan nasionalisme. Maka dari itu, seluruh pihak harus berperan demi menjaga dan mempertahankan hal tersebut.

“Lihatlah negara-negara maju yang lain, berapa besar perubahan teknologi yang mereka alami, tapi nilai-nilai kebudayaan tetap mereka jaga. Bangsa yang besar adalah yang bisa menjaga budaya dan sejarahnya,” ujarnya.

Baca Juga : KNPI dan SAPMA PP Sinergi Bersama Pemerintah, Bangun Ekonomi Makassar

Terkai dengan upaya KNPI sendiri, dia mengatakan bahwa pihaknya selalu mewadahi para pemuda melalui diskusi dan pelatihan termasuk soal bagaimana menjaga nilai-nilai kebudayaan dan nasionalisme.

“Beberapa waktu lalu, kita adakan diskusi terkait bagaimana pemuda menjaga nilai kebudayaan. Kalau di Makassar bagaimana menjaga budaya siri na pacce,” pungkasnya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar19 Juni 2024 21:13
Makassar Sendiri dari Indonesia Masuk Daftar Kota Bahagia di Dunia
Kota Makassar lagi-lagi menorehkan prestasi gemilang karena menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang masuk dalam Kota Bahagia di dunia....
OPD19 Juni 2024 20:52
Ketua DPRD Sulsel Fasilitasi Petani Milenial Barru Diskusi Penerapan Smart Farming
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dalam rangka merespons inflasi volatile food khususnya komoditas pangan Sulawesi Selatan, diperlukan inovasi penerapa...
Berita Utama19 Juni 2024 20:14
Kementerian PUPR Berkunjung ke Jeneponto, Pj Bupati : Menuju Simpul Kekuatan Ekonomi dan Ketahanan Pangan
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Dalam rangka persiapan pelaksanaan program strategis nasional khususnya pada Direktorat Cipta Karya Kementerian PUPR...
Video19 Juni 2024 20:07
VIDEO: Bencana Tanah Longsor di Poros Maros-Bone, 2 Eskavator Tertimbun
SULSELSATU.com – Longsor terjadi di Jalur Poros Maros-Bone di Tompo Ladang, Kecamatan Mallawa,Maros  sehingga lalu lintas ditutup total. Longs...