IPDN Bakal Realisasikan Program Pengabdian Masyarakat di Lutra

IPDN Bakal Realisasikan Program Pengabdian Masyarakat di Lutra

SULSELSATU.com, LUTRA – Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) akan melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat perdesaan di Kabupaten Luwu Utara.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapus Pengabdian Masyarakat Perdesaan LPM IPDN, Ulmi Listianingsih pada pembukaan dan pembekalan pengabdian masyarakat perdesaan Kabupaten Luwu Utara di Aula Lagaligo Kantor Bupati Luwu Utara, senin (16/09/2019).

Ulmi mengungkapkan, selain sebagai bagian implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, kegiatan ini juga untuk memberi manfaat kapada Pemda Luwu Utara sebagai bentuk kemitraan bagi suksesnya program – program pemerintahan serta pembinaan kemasyarakatan dan mencari solusi bersama.

“Sebanyak 8 dosen dan 1 koordinator akan melakaukan pendampingan pengabdian masyarakat perdesaan bagi sepuluh desa yang tersebar di dua kecamatan, yaitu kecamatan Sukamaju dan Sukamaju Selatan. Fokus utamanya yaitu pengelolaan bumdes dan penerapan teknologi yang tepat guna,” ungkapnya.

Kepala LPM IPDN, Muchlis Hamdi, menyampaikan terima kasih, penawaran kerjasama IPDN dan Pemda Lutra ternyata disambut baik. Melalui pendampingan ini, IPDN turut serta ingin belajar di lapanagn, dikarenakan banyak fakta pemerintahan di lapanagan yang jauh lebih kompleks.

“Materi pendampingan akan disesuaikan dengan kondisi masyarakat tempat pengabdian dilakukan. Temuan dari hasil ini, akan jadi masukan bagi IPDN sebagai konsep baru. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat dan Pemda Luwu Utara,” tuturnya.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani ditempat yang sama mengatakan kehadiran LPM IPDN di Luwu Utara sebagai bentuk apresiasi kepada Lutra.

“Apa yang dilakukan IPDN ini perlu disambut baik, karena teori perlu terus dilakukan perubahan/upgrade sesuai dengan kebutuhan di masyarakat. Senang sekali IPDN menjatuhkan pilihan salah satunya ke Lutra dari banyaknya kabupaten/kota di Indonesia,” terang IDP sapaan akrab Bupati Lutra.

Berbicara mengenai desa, Indeks Desa Membangun (IDM) di Luwu Utara cukup menggembirakan. Pemda Lutra berkomitmen meningkatkan minimal mempertahankan IDM tersebut.

“Salah satu langkah yang akan kita ambil kedepannya kita tidak akan meloloskan pencalonan Kepala Desa yang sewaktu menjabat Kades, IDM desanya menurun. Dan melalui kegiatan ini, mudah – mudahan memberi manfaat dalam pelayanan masyarakat,” tutupnya. (rls)

Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Berita Terkait
Baca Juga