Logo Sulselsatu

Judas Amir Terima Kunjungan BBIHP di Palopo

Asrul
Asrul

Rabu, 25 September 2019 11:35

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, PALOPO – Wali Kota Palopo, HM. Judas Amir menyambut langsung kedatangan Kementerian Perindustrian Balai Besar Industri Hasil Perkebunan (BBIHP) Makassar, Rabu (25/9/2019).

Kedatangan BBIHP tersebut menjalin kerjasama dalam rangka pengembangan industri yang berbasis  multi guna salah satunya adalah Kakao, Kopi, dan Kelapa Sawit yang memang itu menjadi komoditas unggulan dari program  kerja Balai Besar Industri Hasil Perkebunan (BBIHP) dan memang tugas kami memfasilitasi penelitian, pengujian, pengembangan wirausaha baru, sertifikasi produk.  

Hal tersebut disampaikan Kepala BBIHP, Tirta Wisnu Permana, mengatakan “itulah hal-hal yang bisa kami kerjasamakan dengan Walikota dan Pemerintah Kota Palopo mudah-mudahan ada program yang bisa kami tindaklanjuti salah satunya pengembangan sentra Kakao, pengembangan sistem integrasi berbasis komoditi rumput laut, dan terkait pengembangan CPO Kelapa Sawit”.

Baca Juga : Nama Calon PJ Bupati Bone, Bantaeng, Sinjai dan Wali Kota Palopo Sudah Dikirim ke Kemendagri

Lanjutnya mengungkapkan, terkait apa yang disampaikan dan dipaparkannya, Walikota sangat merespon dan sangat ingin bekerjasama dengan BBIHP dan tentunya pihaknya merespon dengan baik dan bagaimana pihaknya akan menyiapkan masukan pengembangan industri berbasis Kakao di Kota Palopo ini,  berbasis rumput laut dan berbasis CPO kelapa sawit.

Pada kesempatan itu, Walikota mengatakan ada beberapa hal yang menarik sesuai potensi daerah di kota Palopo diantaranya meminta bimbingan tuntas untuk produk yang siap dipasarkan (hasil olahan Kakao) dan pemerintah kota Palopo siap memfasilitasi infrastruktur (Lokasi, Bangunan, alat dan SDM). 

Selain itu, termasuk salah satu di kota Palopo yang terkenal adalah potensi rumput laut. Walikota meminta pula agar difasilitasi untuk menghasilkan produk hasil olahan Rumput Laut.

Baca Juga : VIDEO: Diduga Sopir Mengantuk, Mobil Ekspedisi J&T Terjun ke Laut

Dari rombongan BBIHP hadir  Kepala Bidang Penilaian Kesesuaian BBIHP, Ransi Pasae, Asma Assa Selaku Peneliti BBIHP, dan Hardianzah Rahmat Staf Sertifikasi BBIHP.

Adapun turut hadir dalam pertemuan tersebut yaitu Asisten III Bidang Administrasi Umum, Dr. dr. Ishaq Iskandar M. Kes, Kepala Dinas Perindustrian Palopo, Akkaseng, Kepala Dinas Perdagangan Palopo, Zulkifli, Kepala Dinas Pariwisata, Ilham,  Kepala Dinas Koperasi, Dra. Munasirah. (rls)

Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video29 Maret 2024 16:46
VIDEO: Aksi Blokade di Lahan Pertambangan di Luwu Timur
SULSELSATU.com – Aksi blokade di dalam lokasi Izin Pertambangan PT. Citra Lampia Mandiri, Kamis (28/3/2024) kemarin. Blokade tersebut dilakukan ...
Metropolitan29 Maret 2024 16:44
Danny Pomanto Siap Adopsi Penerapan Kabel Bawah Tanah Ala Singapura di Makassar
Pembangunan Ducting Sharing atau pemindahan kabel ke bawah tanah di Makassar segera terealisasi. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto baru saja usai...
Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Ekonomi29 Maret 2024 09:12
Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepa...