Logo Sulselsatu

IDP Perkenalkan Perhutsos ke Generasi Milenial Luwu Utara

Asrul
Asrul

Jumat, 08 November 2019 12:58

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, LUTRA – Kokreasi perhutanan sosial merupakan kegiatan kolaborasi-kreasi untuk memfasilitasi kelompok pemegang izin perhutanan sosial dalam memanfaatkan hutan untuk pengembangan ekonomi kerakyatan. Melalui program ini juga secara tidak langsung ingin melakukan regenarasi petani dengan sebuatan yang lebih keren, yaitu petani milenial.

Hal ini diungkapkan oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, saat membuka kegiatan Kokreasi Perhutanan Sosial, Jelajah PeSoNa Luwu Utara di Lapangan Taman Siswa Masamba, kamis (7/11/2019). Menurutnya, teknologi informasi merupakan salah satu cara untuk menghilangkan alergi kehutanan maupun bertani di kalangan generasi milennial.

“Hari ini kita menghadirkan anak-anak muda potensial yang memang menjadi target kegiatan ini, paling tidak pada kegiatan ini kita perkenalkan dulu apa itu perhutanan sosial, dan untuk bertani tidak harus memiliki lahan. Misalnya di era IT ini, kita bisa memanfaatkan IT untuk memasarkan hasil produk pertanian. Dengan ini, jangkauan pemasarannya tidak terbatas,” kata Indah yang akrab disapa IDP.

Baca Juga : Kepala Desa Sassa Ucap Syukur Ada Abang Fauzi di Senayan Perjuangkan Kepentingan Warga

IDP melanjutkan, apa yang ingin dibentuk disini adalah perhutanan sosial. Tidak hanya sekedar memberikan legalitas, tapi dapat mensejahterahkan masyarakat sekitar hutan dan menurunkan angka kemiskinan.

“Kokreasi, pertama kita berbicara kolaborasi. Sering saya sampaikan era kompetisi sudah berlalu, karena hari ini sudah tidak ada tempat bagi masyarakat yang berpikir kompetisi. Sekarang semua orang ambil bagian di setiap program, kemudian menciptakan kreasi dan memastikan hutan kita lestari, tapi masyarakat sekitar bisa sejahtera dan melahirkan regenerasi petani,” ujarnya.

Kegiatan ini digelar hingga 9 November 2019 dengan berbagaibrangkaian kegiatan seperti PeSoNa Goes To School, Pameran Komoditi & Industri Kehutanan, Farmer to Farmer Mentoring, dan Talkshow ngomong pintar NgoPi.

Baca Juga : VIDEO: Permintaan Maaf Siswi di Luwu Utara Usai Video Joget di Musala Viral

Turut hadir Kasubdit Penyiapan Hutan Kemasyarakatan Dirjen PSKL KLHK, Tuti Herawati, Kasubdit Penyiapan Hutan Desa Dirjen PSKL KLHK, Lusi Ardiputri, Pj Sekretaris Daerah Luwu Utara, Tafsil Saleh, para Asisten, pimpinan SKPD, para Camat, serta para Kelompok Tani. (rls)

Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama28 Maret 2024 22:24
PLN Jeneponto Bukber Sekaligus Berbagi Keberkahan Ramadhan Dengan Yatim Dhuafa
SULSELSATU.com,JENEPONTO – PT. PLN Persero Rayon Jeneponto berkolaborasi dengan Yayasan Baitul Maal (YBM) menggelar buka puasa bersama (Bukber) ...
Sulsel28 Maret 2024 22:02
Ekonomi Kabupaten Gowa Tumbuh 5,82 Persen Selama 2023
Dari data BPS pertumbuhan ekonomi Kabupaten Gowa tumbuh positif. Menjadi 5,82 persen pada 2023, lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya yang hanya 4,5...
Video28 Maret 2024 21:34
VIDEO: Muchlis Misbah Atensi Khusus Pasar Sentral dan Butung
SULSELSATU.com – Podcast bersama Anggota DPRD Kota Makassar, Muchlis Misbah pada Selasa (26/3/2023) lalu. Dalam kesempatan tersebut, Muchlis Mis...
Nasional28 Maret 2024 21:30
Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Punya Fitur Lebih Responsif dan Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran
Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) meluncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3/2024) di Jakarta....