Logo Sulselsatu

Danguspurla Koarmada II Buka Latihan Operasi Gabungan Terpadu Penanggulangan Bencana

Asrul
Asrul

Selasa, 19 November 2019 23:58

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Komando Armada (Koarmada) II, Laksamana Pertama Rahmat Eko Rahardjo membuka Latihan Operasi Gabungan Terpadu Penanggulangan Bencana (Gulben) TA 2019 di Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI), Selasa (19/11/2019).

Acara pembukaan yang dipimpin langsung oleh Danguspurla Koarmada II yang juga menjabat sebagai Wakil Direktur Latihan (Wadirlat) tersebut dilaksanakan di Gedung Sultan Hasanuddin Mako Lantamal VI dan dihadiri oleh Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Pangkogasgabpad) Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas yang sehari-harinya menjabat sebagai Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI).

Dalam amanat Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto yang dibacakan oleh Eko menyampaikan dihadapkan kepada kondisi geografis beserta risiko bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi khususnya di wilayah kerja Lantamal VI, maka kesiapsiagaan diperlukan sepanjang waktu.

Baca Juga : Lantamal VI Apresiasi Pemkot Sukses Gelar MNEK 2023, Nyatakan Siap Dukung dan Kolaborasi di Event F8 Makassar

“Ini adalah bagian daripada tugas Lantamal VI sebagai bagian integral dari TNI yang memiliki tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang di dalamnya termasuk tugas bantuan penanggulangan bencana alam,” ujar Eko saat membacakan amanat Pangkoarmada II.

Latihan operasi yang kita laksanakan ini mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan operasi adalah untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi kontijensi yang terjadi berkaitan dengan bencana alam.

“Manfaatkan kesempatan latihan ini dengan sebaik-baiknya sekaligus untuk merefresh kembali kemampuan yang dimiliki, sehingga akan lebih mahir baik secara teknis maupun taktis,” demikian amanat tertulis Pangkoarmada II yang dibacakan Eko ini.

Baca Juga : UPZ Lantamal VI Salurkan Zakat ke Anak Yatim dan Warakawuri

Usai acara pembukaan, Eko beserta Pangkogasgabpad beserta pejabat Kogasgabpad lainnya mengunjungi posko-posko latihan yang berada di dalam gedung Sultan Hasanuddin tersebut.

Sebelum acara pembukaan latihan tersebut, Wadirlat melaksanan kunjungan kehormatan ke Mako Lantamal VI dan diterima langsung oleh Danlantamal VI beserta para Asisten Danlantamal VI beserta Dansatrol Lantamal VI di ruang Kajaolaliddo Mako Lantamal VI.

Latihan ini dijadwalkan akan berakhir pada hari Jumat tanggal 22 November 2019.

Baca Juga : Laksamana Pertama TNI Benny Sukandari Resmi Pegang Tongkat Komando Lantamal VI

Hadir dalam acara ini, Komandan KRI AHP-355, Komandan KRI KST-356, Perwakilan Kodam XIV Hasanuddin, perwakilan Ditpolair Polda Sulsel, perwakilan Wing II Paskhas, Perwakilan Kansar Kota Makassar, Perwakilan BPBD Kota Makassar serta unsur terkait lainnya.

Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...