Logo Sulselsatu

Jadi Presiden Sri Lanka, Gotabaya Tunjuk Kakaknya Jadi Perdana Menteri

Asrul
Asrul

Kamis, 21 November 2019 11:58


Gotabaya Rajapaksa dan Kakaknya Mahinda Rajapaksa. (int)
Gotabaya Rajapaksa dan Kakaknya Mahinda Rajapaksa. (int)

KOLOMBO – Presiden terpilih Sri Lanka, Goyabaya Rajapaksa menunjuk kakak kandungnya Mahinda Rajapaksa menjabat sebagai Perdana Menteri.

Melansir Detik dari AFP, Kamis (21/11/2019), Mahinda diketahui pernah menjabat sebagai Presiden Sri Lanka selama dua periode pada tahun 2005 hingga 2015 lalu. Saat Mahinda menjabat Presiden Sri Lanka, Gotabaya pernah menjabat sebagai Menteri Pertahanan.

Penunjukan ini dilakukan setelah Ranil Wickremesinghe (70) mengundurkan diri dari jabatan PM menyusul kekalahan partainya dalam pemilihan presiden (pilpres) pada akhir pekan lalu.

Baca Juga : Gotabaya Rajapaksa Menangkan Pilpres Sri Lanka

Baca juga: Gotabaya Rajapaksa Menangkan Pilpres Sri Lanka

Sponsored by MGID

Mahinda akan dilantik menjadi PM Sri Lanka pada Kamis (21/11) waktu setempat. Mahinda (74) rencananya akan dilantik oleh adiknya sendiri, Gotabaya (70).

Diketahui bahwa kakak-beradik Rajapaksa dianggap berjasa dalam menghancurkan separatis Tamil Tigers sekitar satu dekade lalu yang mengakhiri perang saudara berkepanjangan di Sri Lanka. Namun otoritas keamanan yang dikendalikan keduanya dituduh melakukan kejahatan perang dan pelanggaran HAM.

Baca Juga : Gotabaya Rajapaksa Menangkan Pilpres Sri Lanka

Selain Gotabaya dan Mahinda, saudara laki-laki keduanya dari klan Rajapaksa, yakni Basil dan Chamal, juga diketahui aktif di dunia politik.

“Perdana Menteri Rajapaksa akan membentuk kabinetnya sesaat setelah mengambil sumpah jabatan,” ucap juru bicara pemerintahan Sri Lanka, Vijayananda Herath, dalam pernyataannya.

Dengan Mahinda menjabat sebagai PM dan Gotabaya menjabat sebagai Presiden, akan menjadi momen pertama bagi Sri Lanka dipimpin oleh kakak-beradik.

Baca Juga : Gotabaya Rajapaksa Menangkan Pilpres Sri Lanka

Diketahui bahwa klan Rajapaksa dikagumi oleh warga mayoritas penganut Sinhala-Buddha, namun dibenci oleh kalangan minoritas Tamils.

Perpaduan Mahinda dan Gotabaya berhasil menghancurkan separatis Tamil tahun 2009 lalu, di mana sekitar 40 ribu warga sipil Tamil tewas di tangan militer Sri Lanka.

Editor: Hendra Wijaya

Baca Juga : Gotabaya Rajapaksa Menangkan Pilpres Sri Lanka

 

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Aneka20 Oktober 2021 14:46
Pentingnya Penguasaan Teknologi Bagi Pemuda Dimasa Pandemi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tantangan bagi anak-anak muda di Indonesia makin kompleks diera pandemi Covid-19 sekarang ini. Selain diharap kontrib...
Berita Utama20 Oktober 2021 14:26
Hadiri Pelantikan Pengurus GP Ansor Jeneponto, Ini Harapan Sekda
SULSELSATU.com, Jeneponto – Sekretaris Daerah Jeneponto, Syafruddin Nurdin hadir langsung dalam Pelantikan Pimpinan cabang Gerakan Pemuda Ansor ...
Ekonomi20 Oktober 2021 13:50
PLN Kembali Tambah Pasokan Listrik ke PT HNI di Bantaeng 90 MVA
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT PLN (Persero) kembali menyalurkan tambahan daya listrik sebesar 90 Mega Volt Ampere (MVA) ke PT Huadi Nickel-Alloy Ind...
Sponsored by MGID
Makassar20 Oktober 2021 13:36
4 Tahun Komunitas Perempuan, Ini Harapan Ketua TP PKK Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail secara resmi membuka kegiatan seminar yang digelar oleh Komunitas Per...