Logo Sulselsatu

Duterte Murka Penyelenggaraan SEA Games di Filipina Semrawut

Asrul
Asrul

Rabu, 27 November 2019 16:32

Presiden Filipina Rodrigo Duterte (INT)
Presiden Filipina Rodrigo Duterte (INT)

MANILA – Presiden Filipina Rodrigo Duterte dikabarkan mukra atas penyelenggaran SEA Games 2019 di negaranya semrawut. Dia meminta otoritas terkait untuk mengusut tuntas adanya indikasi korupsi di dalamnya.

“Ada tuduhan korupsi di koran-koran, dan dia (Duerte) tak suka itu. Dia mau itu diinvestigasi. Dia tak memberi toleransi pada korupsi,” ucap juru bicara kepresidenan, Salvador Panelo, dikutip dari Detik dari Philippine Star.

Meski SEA Games belum resmi dibuka, kekacauan penyelenggaraan sudah terjadi di sana-sini. Kontingen beberapa negara banyak yang melakukan protes, kabar buruk soal ketidaksiapan tuan rumah sudah terlanjut menyebar di banyak media dan jejaring sosial.

Baca Juga : Duterte Tak Buka Sekolah di Filipina Sebelum Vaksin Covid-19 Ditemukan

“Tentu saja presiden tidak suka akan apa yang terjadi saat ini. Presiden marah dengan apa yang terjadi,” lanjutnya dikutip dari TheStraitTimes.

Dalam pernyataannya lebih lanjut, Panelo meminta penyelenggara untuk memastikan kekacauan yang terjadi tak terulang lagi. Penyelenggara juga diminta menyiapkan berbagai langkah antisipasi terhadap berbagai potensi masalah yang bisa muncul.

Sejak mulai berdatangan pada pekan lalu, kontingen atlet dan wartawan menghadapi banyak kesulitan di Filipina. Mulai dari transportasi, pengurusan akreditasi, ketersediaan makanan dan makanan halal, sampai akomodasi, dan fasilitas ruang untuk media.

Baca Juga : Lockdown Filipina, Duterte Ancam Tembak Mati Warga Pembuat Onar

Ramai diberitakan rombongan atlet Timor Leste harus menunggu beberapa jam di bandara lantaran tak ada yang menjemput. Sempat viral juga di media sosial tentang menu makanan atlet yang tak memenuhi standar.

Di sisi lain, rombongan atlet Myanmar ada yang tidur di lantai. Kabarnya itu terjadi karena mereka tiba lebih cepat dari jadwal check in.

“Jika memang para atlet tiba lebih cepat, kenapa tidak membawa mereka ke hotel lain untuk sementara waktu? Kenapa harus menunggu waktu check in jam 2 yang menyebabkan mereka tidur di mana-mana,” cetus Panelo.

Baca Juga : Corona Merajalela, Paspampres Filipina Larang Presiden Duterte Salaman dengan Masyarakat

Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video18 April 2024 22:35
VIDEO: Viral, Pria Bule Isi Bensin Mobil Mewahnya di Warung Eceran
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan mobil mewah mengisi bensin di warung eceran. Kejadian ini terjadi di Pulau Dewata Bali. Video ini d...
Teknologi18 April 2024 21:15
Indosat Bersama Mastercard Kolaborasi Hadirkan Cybersecurity Center of Excellence
Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat or IOH) dan Mastercard menandatangani nota kesepahaman berkolaborasi menjaga ekonomi digital Indonesia melalui pere...
Hukum18 April 2024 21:03
Peringati HBP ke-60, Kanwil Kemenkumham Sulsel Gelar Donor Darah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) menyelenggarakan kegiatan donor dar...
Video18 April 2024 20:39
VIDEO: Rekonstruksi Kasus Pembunuhan Suami Terhadap Istrinya di Makassar
SULSELSATU.com – Polisi menyelenggarakan rekonstruksi kasus pembunuhan yang melibatkan tersangka berinisial H (43) terhadap istrinya JU (35) di ...