Logo Sulselsatu

Pajak Kendaraan Bermotor Kini Bisa Dibayar di Alfamidi dan Alfamart

Asrul
Asrul

Senin, 09 Desember 2019 15:19

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemilik kendaraan di Sulsel kini dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) di minimarket Alfamidi dan Alfamart.

Hal ini dilakukan untuk memberikan kemudahan kepada wajib pajak agar dapat membayar pajak tepat waktu dan terhindar dari denda bulanan.

Peresmian pembayaran PKB melalui Alfa Group ini dilakukan Asisten Bidang Administrasi Pemprov Sulsel Tautoto TR, Senin (9/12/2019), mewakili Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah yang berhalangan hadir. Peresmian berlangsung di Alfamidi Hertasning Baru Makassar.

Baca Juga : Warteg Gratis Alfamart Kembali Hadir, Bagikan 35.000 Paket Buka Puasa Untuk Duafa

Hadir antara lain Sekretaris Bapenda Sulsel Andi Winarno, Kabid PAD Bapenda Sulsel Darmayani Mansyur, Direktur Pemasaran Bank Sulselbar Rosmala Arifin, Branch Manager Alfa Midi Sulselbar Didik Kurniawan, Pamin I Samsat Makassar Ipda Siswaji, dan Kepala Jasa Raharja Sulsel Jahja Joel Lami. Kabid dan kepala UPT se-Bapenda Sulsel juga hadir.

Tautoto mengatakan, pajak daerah merupakan sember pembiayaan pembangunan di Sulsel. Pada tahun 2019 pajak adaerah ditargetkan sebesar Rp3.712 triliun lebih atau 89 persen dari total PAD yang ditargetkan sebesar Rp4.168 triliun lebih.

“Dari seluruh jenis pajak daerah, PKB member kontribusi terbesar dengan jumlah target sebesar Rp1,345 triliun lebih atau 36,32 persen dari total pajak,” katanya.

Baca Juga : Alfamart Ajak UMKM Lutim Bersinergi

Melihat potensinya yang besar, lanjutnya, dan untuk memenuhi tuntutan masyarakat yang serba cepat, mudah, dan transparan, Bapenda Sulsel menggandeng Bank Sulselbar dan AlfaMidi untuk memberikan layanan pembayaran PKB melalui Alfa Group di Sulsel yang mempunyai 174 gerai di Sulsel.

Direktur Pemasaran Bank Sulselbar, Rosmala Arifin, menambahkan, hadirnya layanan PKB di Alfa Group akan mendukung peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sulsel.

“Kami selaku bank milik pemda selalu memberikan dukungan terhadap program pemerintah daerah meningkatkan PAD. Sebelumnya kami sudah bekerja sama dengan Indomaret, melayani pembayaran secara mobile banking, samsat keliling, dan layanan lainnya,” tambahnya.

Baca Juga : Hematnya Pak Rahmat Bu Rahmat Hingga Mudik Gratis Alfamart Alfagift

Darmayani mengatakan, pelayanan ini akan memudahkan masyarakat dalam membayar PKB utamanya wajib pajak yang harus membayar tepat waktu agar terhindar dari denda bulanan. Usai membayar PKB di Alfa, wajib pajak diberikan waktu 14 hari untuk membawa struk pembayaran untuk mendapatkan stempel pengesahan dan notice pajak di Samsat terdekat.

Tautoto menambahkan, jika melihat trend pemasukan PKB saat ini, ia optimistis Bapenda Sulsel dapat mencapai target PKB pada APBD perubahan ini.

“Kalau saya lihat trend dan kerja keras Bapenda Sulsel, saya optimistis dapat capai target PKB,” ujar Toto menjawab pertanyaan wartawan.

Baca Juga : Peringatan Hari Ibu, Alfamart Beri Apresiasi Ibu Hebat

Saat ini pencapaian PKB Bapenda Sulsel sudah mencapai Rp 95 miliar.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...