Logo Sulselsatu

Film ‘Parasite’ Raih Golden Globe Awards 2020

Asrul
Asrul

Senin, 06 Januari 2020 14:59

Korea Selatan memilih 'Parasite' sebagai perwakilan di Best International Feature Film atau dulu dikenal sebagai Best Foreign Language Film pada Oscar 2020. (INT)
Korea Selatan memilih 'Parasite' sebagai perwakilan di Best International Feature Film atau dulu dikenal sebagai Best Foreign Language Film pada Oscar 2020. (INT)

SULSELSATU.com – Film Parasite asal Korea Selatan berhasil memenangkan Golden Globe Awards 2020 untuk kategori Best Foreign Language Film. Film karya Sutradara Bong Joon-ho itu mencatatkan sejarah sebagai film Korsel pertama yang memenangkan Golden Globe Awards.

“Wow, menakjubkan tak bisa dipercaya,” kata Bong Joon-ho setelah menerima piala di atas panggung, Senin (6/1/2020).

“Setelah berhasil mengatasi sedikit kesulitan untuk membaca subtitles, kalian akan melihat banyak film yang luar biasa,” tutur Bong Joon-ho.

Baca Juga : Film Parasite Bakal Segera Tayang di Viu

Dalam kesempatan tersebut, Sutradara Bong Joon-ho juga mengatakan sangat bersyukur dan terhormat ketika mengetahui Parasite masuk nominasi bersama banyak film-film internasional ternama lainnya.

“Saya rasa kami hanya menggunakan satu bahasa yakni bioskop,” ucapnya seperti dilansir The Hollywood Reporter.

Dalam kategori Best Foreign Language Film, Parasite berhasil mengalahkan The Farewell (Amerika Serikat), Les Misérables (Prancis), Pain and Glory (Spanyol) dan Potrait of Lady on Fire (Prancis).

Baca Juga : ‘Parasite’ Wakili Korea Selatan di Ajang Oscar

Parasite gagal masuk nominasi Best Picture Award karena sepenuhnya menggunakan Bahasa Korea. Sementara itu, The Hollywood Foreign Press Association menetapkan film harus memiliki dialog Bahasa Inggris setidaknya kurang dari 50 persen.

Kendati demikian, Parasite juga masuk nominasi Best Director serta Screenplay Categories.

Parasite mengisahkan kesenjangan kehidupan dua keluarga. Keluarga pertama beranggotakan Kim Ki-taek, supir cabutan yang menikah dengan istrinya Choong Sook bersama dua anak berusia belasan tahun di sebuah apartemen bawah tanah yang tak layak huni.

Mereka semua pengangguran hingga akhirnya Ki-woo, putra keluarga tersebut, berkesempatan kerja di rumah keluarga Park yang kaya raya. Perlahan, seluruh anggota keluarga Kim bekerja di rumah keluarga Park.

Satire kehidupan keluarga tersebut dibungkus secara apik dengan bumbu komedi gelap ala Bong Joon-ho.

Sejak tayang perdana di Cannes pada 2019, Parasite telah meraih banyak penghargaan internasional seperti Palme d’Or, menjadi film Korea pertama yang memenangkan Best Pictures oleh National Society of Film Critics.

Parasite juga menjadi salah satu film favorite mantan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama pada 2019.

Parasite dibuat dengan anggaran 13,5 miliar won atau sekitar Rp160 miliar (1KRW= Rp11,91). Berdasarkan data, film yang didistribusikan NEON ini telah mendapatkan lebih dari US$23,9 juta atau sekitar Rp333 miliar (1USD=Rp13,9 ribu) di Amerika Serikat dan Canada.

Parasite juga menjadi salah satu film terlaris di Korea Selatan sepanjang 2019 dengan total penjualan lebih dari 10 juta tiket yang setara dengan US$73,4 juta atau Rp1,02 triliun.

Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...