Peringati HLH, HMI Jeneponto Tanam 1000 Pohon di Gunung Karaeng Tombang

Peringati HLH, HMI Jeneponto Tanam 1000 Pohon di Gunung Karaeng Tombang

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) yang jatuh setiap 10 Januari, HMI cabang Jeneponto dan Aliansi Pemuda Bangkala (Amuba) menggelar penanaman pohon.

Penanaman pohon digelar di Puncak Gunung Karaeng Tombang, Desa Gunung Silanu, Kecamatan Bangkala, Jeneponto, Ahad (19/1/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Jeneponto Paris Yasir, perwakilan Dinas Kehutanan Sulsel, Camat Bangkala, legislator, TNI-Polri, beberapa kepala desa dan sejumlah organiasi mahasiswa lainnya.

Ketua HMI Cabang Jeneponto, Amrullah Serang mengatakan, sebanyak 1000 pohon berbagai jenis yang ditanam di lokasi tersebut. 

Menurutnya, ada beberap item kegiatan dalam rangkaian acara tersebut yang bertemakan “Merawat Lingkungan, Menjaga Masa Depan”.

“Di antaranya itu kemping, diskusi sadar lingkungan, musikalisasi hutan dan tanam pohon. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari mulai 18-19 Januari 2020,”ujarnya.

Wakil Bupati Jeneponto, Paris Yaris mengatakan, penanaman pohon atau penghijauan ini dilaksanakan demi mendukung program pemerintah.

“Dengan penghijauan, reboisasi dapat menjamin keseimbangan ekosistem alam yang akan sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia,” katanya.

Penanaman pohon di Puncak Gunung Karaeng Tombang, Desa Gunung Silanu, Kecamatan Bangkala, Jeneponto. (Foto/Ist)

Di lain sisi kata Paris, dengan penghijauan juga dapat menghindarkan dan meminimalisir dari dampak banjir dan melestarikan lingkungan dan mengantisipasi peningkatan pemanasan global.

Sementara Dandim 1425 Jeneponto, Letkol Inf Irfan Amir mengatakan, kegiatan aksi penanaman pohon oleh HMI Jeneponto merupakan tindak lanjut yang juga pernah dilakukan oleh Kodim 1425 Jeneponto baru-baru ini.

“Ini merupakan lanjutan dari kegiatan yang dilakukan oleh Kodim 1425 Jeneponto beberapa waktu yang lalu bersama pemda, HMI, anggota DPRD, pramuka dan komponen masyarakat tepatnya 16 Januari,” kata Irfan.

Irfan mengatakan sangat mensupport kegiatan penanaman pohon yang digelar oleh HMI Jeneponto.

“Kodim dan pemda sangat mensupport kegiatan-kegiatan seperti ini, karena kita tahu jika kita menjaga alam, In syaa Allah alam akan menjaga kita,” kata dia.

Penulis: Dedi
Editor: Kink Kusuma Rein

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Berita Terkait
Baca Juga