Logo Sulselsatu

Suket Rawan Gugatan, DPRD Minta Daerah Pilkada Percepat E-KTP

Asrul
Asrul

Jumat, 21 Februari 2020 16:32

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sebanyak 12 kabupaten kota di Sulsel akan mengikuti tahapan Pilkada serentak bulan September 2020.

Berbagai persiapan telah dilakukan, baik penyelenggara dalam hal ini KPU dan Bawaslu maupun pihak-pihak terkait lainnya agar pesta demokrasi ini berjalan dengan lancar.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Sulsel Rahman Pina mengatakan pihaknya sudah melakukan kunjungan ke Kabupaten Barru salah satu daerah yang akan menggelar Pilkada.

Baca Juga : Pembahasan AKD DPRD Sulsel Lamban, Rahman Pina: Tidak Boleh Ada Yang Ngotot

“Dalam kunjungan kami di Kabupaten Barru, kita mengecek soal kesiapan anggaran, Pemda sudah menyiapkan dan sudah clear soal itu,” kata RP singkatan namanya saat ditemui di Gedung DPRD Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Jumat (21/2/2020).

Tidak hanya itu, Komisi A yang membidangi soal pemerintahan meminta kepada KPU, Bawaslu dan Pemda setempat untuk berkoordinasi bersama pihak keamanan.

“Keamanan dalam Pilkada tak kalah penting saya kira, karena kalau tidak aman bisa mengancam pesta demokrasi kita. Kami di Komisi betul-betul konsen soal hal ini,” ucap mantan legislator Makassar itu.

Baca Juga : Kisruh Penundaan Pemilu 2024, Ini Sikap Ketua DPR RI Puan Maharani

Politisi Golkar itu melanjutkan bahwa, item lain yang jadi perhatian Komisi A adalah Surat Keterangan (Suket) pengganti KTP Elektronik untuk digunakan dalam Pilkada.

“Kita ingatkan KPU Barru dan 11 daerah lainnya untuk hati-hati menggunakan Suket. Malahan kita minta untuk tidak digunakan karena ini rentan dimainkan kandidat incumben (petahana),” tuturnya.

“Makanya kami akan ke Depdagri meminta agar bisa diprioritaskan diberi blangko KTP kabupaten kota yang akan menyelenggarakan Pilkada, agar Suket tak lagi digunakan,” sambung Wakil Bendahara DPD I Golkar Sulsel tersebut.

Baca Juga : Pemilih di Kota Makassar dan Luwu Alami Penurunan, Ini Penyebabnya

Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News28 Maret 2024 22:59
Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Vale Umumkan Jajaran Komisaris Baru
PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Jasmine Room, Soehanna Hall, The Energy Building Jal...
Ekonomi28 Maret 2024 22:30
Penyaluran Kredit UMKM Januari 2024 di Sulsel Mencapai Rp59,96 Triliun
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulselbar merilis penyaluran kredit UMKM di Sulsel hingga posisi Januari 2024 mencapai Rp59,96 triliun. Nominalnya naik 1...
Berita Utama28 Maret 2024 22:24
PLN Jeneponto Bukber Sekaligus Berbagi Keberkahan Ramadhan Dengan Yatim Dhuafa
SULSELSATU.com,JENEPONTO – PT. PLN Persero Rayon Jeneponto berkolaborasi dengan Yayasan Baitul Maal (YBM) menggelar buka puasa bersama (Bukber) ...
Sulsel28 Maret 2024 22:02
Ekonomi Kabupaten Gowa Tumbuh 5,82 Persen Selama 2023
Dari data BPS pertumbuhan ekonomi Kabupaten Gowa tumbuh positif. Menjadi 5,82 persen pada 2023, lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya yang hanya 4,5...