Logo Sulselsatu

Diskes Parepare Intens Sosialisasi Pencegahan Virus Corona

Asrul
Asrul

Minggu, 08 Maret 2020 23:22

ilustrasi. (int)
ilustrasi. (int)

SULSELSATU.com, PAREPARE – Dinas Kesehatan Kota Parepare menggencarkan sosialisasi pencegahan virus Corona (COVID-19). Selain terjun langsung ke masyarakat, sosialisasi juga dilakukan via media sosial.

Salah satunya lewat imbauan mengingatkan masyarakat agar rajin mencuci tangan dan membersihkan ponsel (HP) untuk menangkal virus Corona.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Parepare Halwatiah mengingatkan, agar waspada terhadap benda-benda yang sering disentuh utamanya handphone.

Baca Juga : VIDEO: Virus Corona Ada di Buku Paket IPA Tahun 2017, Katanya Tidak Berbahaya

“Gunakan masker saat menderita batuk dan pilek. Jangan menyentuh mulut, hidung, mata sebelum membersihkan tangan, dan sering cuci tangan di air yang mengalir dengan menggunakan sabun. Jika menderita demam, batuk, kesulitan bernapas segera periksakan diri ke rumah sakit atau puskesmas terdekat,” kata Halwatiah.

Sponsored by MGID

Sosialisasi lainnya dengan melakukan penyuluhan keliling kota untuk mengedukasi masyarakat terkait kewaspadaan terhadap Covid-19. Di antaranya yang disasar adalah pasar tradisional, fasilitas umum, perkantoran, sekolah, kampus, dan perumahan.

Selain penyuluhan keliling Dinkes juga membuka Posko Siaga Covid-19. Posko terletak di Kantor Dinkes Parepare tepatnya di Bagian Data dan Pusat Informasi Tim Gerak Cepat (TGC) Penanggulangan KLB.

Baca Juga : Cegah Virus Corona, Shalat Idul Fitri di Lutra Terapkan Protkes

“Posko dibuat sebagai media edukasi dan informasi mengenai virus Corona. Masyarakat yang membutuhkan penjelasan mengenai virus Corona bisa mengakses posko kami,” pinta Kepala Bidang Kesmas, Kesehatan Lingkungan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Muhammad Idris.

Idris berharap, tim posko siaga bisa bekerja secara maksimal untuk menangkal hoax Covid-19 dan juga bisa meredakan kepanikan warga Parepare.

Dia juga telah membuka pusat informasi Covid-19 dengan mencantumkan nomor ponsel petugas Dinkes yang bisa dihubungi langsung oleh masyarakat, untuk berkonsultasi seputar virus Corona.

Baca Juga : Alhamdulillah, Pasien Sembuh Covid-19 di Lutim Jadi 1.379 Orang

Sebagai antisipasi virus Corona secara keseluruhan, Idris mengaku, jika Dinkes sudah melakukan koordinasi dan komunikasi lintas program agar lebih waspada terhadap penyebaran virus itu. Salah satu upaya yang harus terus digalakkan adalah imbauan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Kemudian yang signifikan juga saat ini adalah menjaga imunitas tubuh dengan makan makanan yang bergizi, melakukan olahraga, kemudian cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. Hal ini berguna untuk menghindari penyebaran penyakit ke diri sendiri maupun orang lain,” tandas Idris.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Hendra Wijaya

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi04 Desember 2021 11:37
Transaksi Agen BRILink Tembus Rp1.000 Triliun
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Di tengah maraknya digitalisasi di sektor keuangan, peran AgenBRILink dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk tet...
Lifestyle03 Desember 2021 22:46
Rajai Penjualan PT SJAM, Desain Keren dan Futuristik Jadi Pemikat Utama
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Selama tahun 2021 ini, Nmax jadi motor terlaris dalam penjualan PT Suracojaya Abadimotor (SJAM). Total, sudah ada 32....
Makassar03 Desember 2021 21:36
Peringatan Hari Ibu, Indira Jusuf Ismail Sampaikan Makna Hari Ibu
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail, mengingatkan kembali akan makna hari ibu kepada generasi muda pada m...
Sponsored by MGID
Adventorial03 Desember 2021 21:03
Loker RS dr HAH Parepare, Taufan Pawe : Pendaftar Sudah 21.894, Yang Dibutuhkan Hanya 100 Orang
SULSELSATU.com, Parepare — Pendaftar lowongan kerja bagi formasi PTT non ASN di Rumah Sakit Regional dr.Hasri Ainun Habibie Kota Parepare capai ...