Logo Sulselsatu

Tangkal Penularan Corona, Spanyol Lockdown 15 Hari

Asrul
Asrul

Minggu, 15 Maret 2020 23:18

Istana Alhambra Spanyol. (int)
Istana Alhambra Spanyol. (int)

JAKARTA – Pemerintah Spanyol memutuskan untuk lockdown untuk menangkal penularan virus corona. Kebijakan yang mulai diterapkan pada Sabtu (15/3) waktu setempat ini akan berlaku 15 hari ke depan.

Langkah itu juga diambil karena Spanyol menjadi negara yang terkena dampak Covid-19 paling parah kedua di Eropa, setelah Italia.

Selama masa lockdown berlangsung, masyarakat dilarang meninggalkan rumah kecuali untuk membeli makanan, obat-obatan, pergi bekerja atau ke rumah sakit atau untuk keadaan darurat.

Baca Juga : VIDEO: Virus Corona Ada di Buku Paket IPA Tahun 2017, Katanya Tidak Berbahaya

Semua bar, restoran, dan toko yang menjual apa pun kecuali makanan dan bahan pokok lainnya harus ditutup. Selain itu, kegiatan rekreasi dan olahraga juga harus ditangguhkan. Tempat hiburan umum seperti bioskop, teater, kolam renang dan lapangan olah raga juga ditutup.

Sponsored by MGID

“Kami (pada akhirnya) akan kembali ke pekerjaan rutin kami dan kembali mengunjungi teman-teman dan orang-orang terkasih kami,” kata Perdana Menteri Pedro Sanchez dalam pidato yang disiarkan secara nasional.

“Sampai saat itu tiba, jangan buang energi yang penting sekarang. Jangan sampai salah langkah,” katanya lagi seperti dilansir dari CNBCIndonesia dari Reuters.

Baca Juga : Cegah Virus Corona, Shalat Idul Fitri di Lutra Terapkan Protkes

Spanyol saat ini memiliki 6.392 kasus dengan total kematian 197 orang. Sementara pasien sembuh ada 517 orang. Secara global, Covid-19 telah menginfeksi 160.563 orang dan menewaskan 5.962 orang. Di mana total pasien sembuh ada sebanyak 75.959, menurut Worldometers.

Sebelumnya, Spanyol telah melaporkan salah satu korban terinfeksi adalah istri dari PM Sanchez, yaitu Begona Gomez. Ia dilaporkan terinfeksi tak lama setelah negara mengumumkan lockdown tersebut.

Baik Gomez maupun Sanchez saat ini dikabarkan dalam kondisi baik.

Baca Juga : Untuk yang Ketiga Kalinya, UNM Umumkan Lockdown

Editor: Hendra Wijaya

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar17 Januari 2022 07:44
Andi Sudirman-Airlangga Saling Puji di HUT MKGR
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menghadiri perayaan 62 tahun Ormas Musyawarah Kekelu...
Politik16 Januari 2022 23:39
Airlangga Optimis Golkar Sulsel Keluar Sebagai Pemenang di 2024
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto optimis partai berlambang pohon beringin ini akan keluar sebagai par...
Otomotif16 Januari 2022 19:10
Selama 3 Tahun Terakhir, Nmax Motor Yamaha Paling Laris
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Nmax menjadi motor Yamaha yang paling banyak dibeli masyarakat di Sulawesi. PT Suracojaya Abadimotor (PT SJAM) menjad...
Sponsored by MGID
Pendidikan16 Januari 2022 18:10
Ikatli Unhas Harapkan Alumni Ada di Setiap Lini Pembangunan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sebagai upaya mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan antar alumni, Ikatan Alumni Teknik Lingkungan (Ikatli) Uni...