Logo Sulselsatu

DPRD Makassar Minta Pemerintah Cegah Penularan Corona di Lapas

Asrul
Asrul

Senin, 30 Maret 2020 16:05

Pelantikan pejabat di Lapas Kelas I Makassar. (Int)
Pelantikan pejabat di Lapas Kelas I Makassar. (Int)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Situasi darurat penyebaran virus Covid-19 semakin masif, nasib para penghuni lembaga pemasyarakatan (lapas) atau rumah tahanan (rutan) menjadi sorotan masyarakat.

Merujuk dari anjuran pemerintah untuk menghindari kerumunan nampaknya sulit diterapkan bagi tahanan dan narapidana, melihat kondisi lapas yang mayoritas kelebihan kapasitas penghuni.

Ia mengatakan bahwa potensi penyebaran Corona di tempat-tempat seperti ini sangat besar.

Baca Juga : UNM dan Lapas Kelas 1 Makassar Jalin Kerjasama Pembuatan Almamater

Menyoroti kenyataan itu, Anggota DPRD Kota Makassar, Kasrudi mendesak pemerintah khususnya di Kota Makassar untuk memberi jaminan kesehatan kepada seluruh warga binaan.

Karena jika tidak diperhatikan, ia khawatir ke depan akan menjadi masalah baru dan pemerintah akan kewalahan menanganinya.

“Misalnya warga binaan ini dimasifkan sosialisasi hidup bersih, ruang tahanan disemprot disinfektan, dianjurkan cuci tangan, disediakan cairan pembersih tangan khusus,” kata Kasrudi, Senin (30/3/2020).

Selain adanya sosialisasi kata dia, pihak lapas juga harus menyediakan wadah bagi tahanan untuk menerapkan hidup bersih. Seperti terjamin adanya air bersih yang terus mengalir serta diperhatikannya asupan gizi dan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh mereka.

“Mereka ini kan hidupnya dibatasi. Sangat rentan tertular virus Corona. Satu saja yang terpapar Corona maka akan cepat ditularkan ke yang lain. Ini yang mesti menjadi perhatian pemerintah. Jangan sampai memunculkan masalah baru,” kata politisi Gerindra ini.

Editor: Kink Kusuma Rein

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Hukum25 April 2024 08:06
Kunjungi Rutan Jeneponto, Kanwil Kemenkum HAM Sulsel Pantau Fasilitas Publik
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan Lakukan pemantauan dan pengawasan Fasilitas Publik seperti...
Makassar25 April 2024 08:01
Pemkot Makassar Raih Penghargaan Standar Pelayanan Minimal SPM Awards 2024
Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar kembali meraih penghargaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Awards 2024....
Video24 April 2024 23:38
VIDEO: Pemulung di Makassar Ditegur Tetangga Rumah Saat Ambil Barang Tanpa Izin
SULSELSATU.com – Sebuah video menampilkan aksi seorang pemulung yang mengambil barang di sebuah rumah yang sedang ditinggalkan oleh pemiliknya. ...
News24 April 2024 22:44
Pj Gubernur Bahtiar Lantik Pejabat Administrasi dan Pengawas Lingkup Pemprov Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, melantik 89 pejabat administrator dan 77 pejabat pengawas di lingkup Pe...