Logo Sulselsatu

Survei Pilpres AS, Mantan Wapres Obama Kalahkan Donald Trump

Asrul
Asrul

Kamis, 25 Juni 2020 11:43

Donald Trump (int)
Donald Trump (int)

JAKARTA – New York Times dan Sienna Colllege merilis hasil survei Pilpres Amerika Serikat (AS). Penantang dari Partai Demokrat, Joe Biden unggul 14 poin dari Donald Trum.

Berdasarkan hasil survei New York Times dan Siena College, Biden meraih 50 persen suara, sementara Trump hanya mendapat 36 persen dukungan. Jumlah ini menjadi yang terburuk bagi Trump sejauh ini.

Jajak pendapat terbaru memaparkan bahwa Biden rata-rata unggul 10 poin di depan Trump. New York Times menuturkan survei tersebut diikuti oleh 1.337 pemilih terdaftar dan berlangsung pada 17-22 Juni.

Baca Juga : Biden Umumkan Berakhirnya Misi Tempur Pasukan AS di Irak

Survei mengatakan keunggulan Biden terjadi ketika mantan wakil presiden AS era Barack Obama itu dinilai berhasil membangun kepercayaan di kalangan pemilih perempuan, pemilih keturunan Afrika Amerika dan Latin.

Sementara itu, New York Times menuturkan Trump kehilangan suara dari para pendukungnya yang menganggap pemerintahannya gagal menangani pandemi virus corona (Covid-19) yang masih melonjak signifikan di Negeri Paman Sam.

Berdasarkan data statistik Worldometer per Kamis (25/6), AS masih menjadi negara dengan kasus dan kematian akibat corona tertinggi di dunia yakni 2.462.554 kasus dan 124.281 kematian.

Baca Juga : VIDEO: Menteri Luhut Bertemu Donald Trump di Gedung Putih

Dilansir AFP, kasus corona yang tinggi menyebabkan sejumlah sektor ekonomi AS lumpuh hingga meningkatkan angka pengangguran di negara tersebut.

Selain akibat pandemi, respons Trump dalam meredam unjuk rasa besar-besaran di AS atas isu rasisme dan kebrutalan polisi terhadap kaum minoritas juga turut membuat citranya di depan para pendukung meredup.

Meski begitu, survei tersebut menuturkan sejumlah pendukung masih setia memilih Trump terutama kalangan kulit putih dan kaum sarjana.

Baca Juga : Sebut Jadi Alat Mata-mata China, Trump Resmi Larang TikTok di AS

Editor: Hendra Wijaya

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar01 Februari 2023 23:31
Mengenal Apa itu Tokomoditi? Program Pemkot Makassar untuk Kendalikan Inflasi
SULSELSATU.com, MAKASSAR,- Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto kembali menggagas inovasi Tokomoditi yang rencanaya di tempatkan di sejumlah kelurah...
Video01 Februari 2023 23:10
VIDEO: Nanas Unik, Punya 13 Buah dalam Satu Pohon
SULSELSATU.com – Media sosial dihebohkan dengan pohon nanas unik. Video tersebut diduga terjadi di Sumatera. Dalam video terlihat pohon nanas un...
Video01 Februari 2023 22:11
VIDEO: Timsel Bawaslu Sulsel Beri Ruang Spesial Bagi Kandidat Perempuan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Timsel Calon Bawaslu Sulsel membuka pendaftaran calon anggota Bawaslu Sulsel mulai tanggal 10-20 Februari 2023. Sekre...
Metropolitan01 Februari 2023 21:11
Bappeda Makassar Gelar Annual Meeting Bahas Pengolahan Sampah Jadi Energi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar menggelar Annual Meeting Indonesian Coalition for Waste ...