Logo Sulselsatu

Survei Pilkada Selayar, Petahana Basli Terancam Tumbang

Asrul
Asrul

Senin, 02 November 2020 08:20

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pilkada Kabupaten Selayar diprediksi akan berakhir dengan selisih perolehan suara tipis antara calon penantang Zainuddin-Aji Sumarno dan calon petahana Muh Basli Ali-Saiful Arif.

Prediksi itu diungkapkan Direktur Eksekutif PT. Indeks Politica Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir dalam diskusi bertema “Bedah peta elektoral Pilkada Selayar” di Warkop Aleta, Toddopuli, Makassar, Minggu (1/11/2020).

“Berdasarkan hasil survei terbaru kami, jarak elektabilitasnya cukup rawan, ketat, dan undecided voter juga tinggal sedikit. Analisa kami, siapapun yang menang diantara kedua pasangan calon, jaraknya tidak akan jauh. Selisih tipis. Karena, biasanya undecided voter itu cenderung ke penantang,” kata Suwadi.

Baca Juga : Sangat Tangguh, Basli Ali Tanpa Lawan di Musda Golkar Selayar

Berdasarkan survei IPI pada 13-25 Oktober lalu, pasangan Muh Basli Ali-Saiful Arif memperoleh elektabilitas 49,8 persen. Sementara elektoral penantangnya, Zainuddin-Aji Sumarno, sebesar 40,4 persen.

Dari 800 responden, hanya 9,8 persen yang belum menentukan pilihan atau merahasiakan pilihannya. Adapun margin of error survei ini sebesar +/- 3,4 persen.

Dia menjelaskan, sulit memprediksi siapa yang akan memenangkan Pilkada Selayar. Sebab baik calon penantang maupun calon petahana sama-sama memiliki potensi.

Baca Juga : Elektoral di Bawah 50 Persen, Warning Bagi Basli Ali di Pilkada Selayar

Keduanya sama-sama menggandeng mantan rivalnya sebagai pasangannya. Saiful Arif dan Dr Aji Sumarno sama-sama merupakan calon bupati pada Pilkada 2015 lalu. Kala itu pasangan Muh Basli Ali-Dr Zainuddin keluar sebagai pemenang.

Basli Ali selain unggul karena posisi sebagai penantang dan memiliki kekuatan finansial. Juga kuat di daratan karena baik Basli dan calon wakilnya sama-sama orang daratan. Sementara Dr Zainuddin sebagai mantan wakil bupati selain juga merupakan orang daratan, menggandeng Dr Aji Sumarno yang kuat di wilayah kepulauan,” jelasnya.

Kunci kemenangan di Pilkada Selayar ada tiga, yakni kemampuan merebut undecided voter, kemahiran menganalisis rentang margin of error dan kemampuan memaksimalkan geopolitik calon.

Baca Juga : PAN Usung Basli-Saiful di Pilkada Selayar

“Daratan didominasi Basli Ali-Saiful Arif, dan pulau didominasi Zainuddin-Aji Sumarno. Berarti strateginya, kalau mau menang Basli Ali harus menyerang pulau. Begitupun Dr Zainuddin harus menyerang daratan jika ingin menang,” tandasnya.

Persfektif lain yang bisa dimanfaatkan penantang adalah menjual modal intelejensi dan pengalamannya. Dr Zainuddin selain merupakan mantan Sekda juga seorang mantan akademisi. Adapun Dr Aji Sumarno merupakan mantan kepada dinas berpengalaman. Di sisi lain, bupati Muh Basli Ali hanya tamatan SMA.

“Tentu isu pendidikan dan pengalaman adalah isu yang sangat bagus untuk mengangkat kepercayaan publik jika penantang ingin menang,” imbuhnya.

Baca Juga : Bupati dan Wabup Selayar Terancam Head to Head di Pilkada

Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Bisnis25 Mei 2024 15:03
United E-Motor Buka Satelit Store Demi Perluas Jangkauan ke Konsumen
Kalla Kars selaku dealer resmi United E-Motor hadirkan Satelit Store untuk beberapa titik di Kota Makassar....
Lifestyle25 Mei 2024 14:30
Honda PCX Club Indonesia Berbagi Bahagia Bersama Panti Asuhan Arafah Makassar
Honda PCX Club Indonesia (HPCI) Wilayah Sulawesi 1 bersama Pengurus Nasional Honda PCX Club Indonesia menggelar Honda PCX Club Indonesia Social Respon...
Politik25 Mei 2024 14:04
PKB Beri Sinyal Usung Danny Pomanto di Pilgub Sulsel 2024
Moh Ramdhan Pomanto telah mengembalikan berkas formulir pendaftaran Bakal Calon Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) 2024 di DPW PKB Sulsel...
Olahraga25 Mei 2024 13:45
Arbi Aditama Pembalap AHRT Asal Jawa Tengah Siap Taklukan Tantangan GP Catalunya
Pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) Fadillah Arbi Aditama mendapat kesempatan untuk merasakan kompetitifnya persaingan balap dunia Moto3, di Circu...