Logo Sulselsatu

Bahas Mitigasi Kebencanaan, Wabup Sinjai Temui Wagub Sulsel

Asrul
Asrul

Jumat, 19 Februari 2021 20:03

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, Makassar – Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menerima kunjungan Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong bersama Kepala BPBD Sinjai dalam di Rumah Jabatan Wakil Gubernur, Jum’at, (19/2/2021). Turut dihadiri pula Kepala BPBD Sinjai, Budiaman.

Dalam kunjungan, Andi Kartini membahas berbagai persoalan di Bumi Panrita Kitta terutama persoalan banjir dan sering menjadi langganan jika memasuki musim penghujan.

Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong mengatakan, jika Sinjai wilayah yang rawan terjadi bencana. Ia pun meminta arahan dari Wagub Sulsel terkait upaya yang akan dilakukan untuk mencegah atau mengurangi dampak bencana.

Baca Juga : VIDEO: Wagub Sulsel Apresiasi Gerakan Bagi-bagi Masker Aice dan GP Ansor

“Kami juga membahas terkait mitigasi penanggulangan kebencanaan hasil rekomendasi Satgas daerah,” kata Andi Kartini.

Sedangkan Kepala BPBD Sinjai, Budiaman mengatakan, bahwa Pemkab Sinjai telah melakukan upaya mengatasi risiko bencana atau biasa disebut mitigasi. Apalagi, Sinjai pernah terkena banjir bandang pada 2006 lalu.

“Kendala kita diantaranya sungai, drainase. Perlu pengerukan, apalagi saat ini musim penghujan, jadi kita melakukan mitigasi,” katanya.

Baca Juga : Jelang Konferensi Wilayah, Pengurus IPM Sulsel Temui Wagub Andi Sudirman Sulaiman

Pihaknya pun, kata dia, berencana membangun tempat menampung volume air ketika debit maksimum di sungai datang, kemudian secara perlahan-lahan mengalirkannya ketika debit di sungai sudah kembali normal atau kolam retensi. Namun, Pemkab Sinjai, masih melakukan upaya pembebasan lahan untuk rencana tersebut.

Sementara itu, Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, jika opsi lain yang bisa dilakukan dengan membangun kolam regulasi.

“Kita butuh pembebasan lahan dulu oleh Pemda Kabupaten Sinjai. Setelah bebas baru didorong pembangunan, jika besarnya pada wilayah kewenangan Provinsi kita ajukan tetapi jika melebihi kewenangan kita usulkan ke Balai Besar WS-JP Kementerian” bebernya.

Baca Juga : Wagub Motivasi Penerima Beasiswa Bidik Misi untuk Pertahankan Prestasi

Dirinya pun berpesan, agar pemerintah melakukan kinerja yang terbaik untuk diberikan ke masyarakat.

“Bekerja saja, jalan saja. Maksimalkan apa yang bisa dilakukan untuk masyarakat. Perbaiki kerja-kerja kita yang terasa langsung masyarakat serta bersinergi” pintanya.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Midkhal

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...