Logo Sulselsatu

Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Parepare, Alhamdulillah Tidak Ada Korban Jiwa

Asrul
Asrul

Jumat, 02 April 2021 19:24

Tim Reaksi Cepat (TRC) dan Tim Verifikasi dan Validasi Kerusakan Pasca Bencana Pemkot Parepare diterjunkan membantu warga yang rumahnya tertimpa pohon tumbang, Jumat (2/4/2021).
Tim Reaksi Cepat (TRC) dan Tim Verifikasi dan Validasi Kerusakan Pasca Bencana Pemkot Parepare diterjunkan membantu warga yang rumahnya tertimpa pohon tumbang, Jumat (2/4/2021).

SULSELSATU.com, Parepare – Hujan disertai angin kencang yang terjadi pada dini hari mengakibatkan sejumlah rumah warga di Kota Parepare rusak. Atap rumah warga beterbangan, hingga pohon tumbang. Beruntung tidak ada korban jiwa akibat bencana yang terjadi, Jumat (3/4/2021).

Menyikapi itu, Pemerintah Kota Parepare sigap menerjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) dan Tim Verifikasi dan Validasi Kerusakan pasca bencana melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). 

Tim berkostum orange yang tersebar di berbagai titik ini beraksi sesuai tupoksi masing-masing. TRC dengan tugasnya menindaklanjuti gangguan-gangguan terhadap fungsi pelayanan umum, seperti mengevakuasi pohon tumbang, dan sejumlah tugas lainnya.

Baca Juga : Waspada! Peringatan Cuaca Buruk Sulsel Prediksi Terjadi Hingga 21 Maret Mendatang

Sementara Tim Verifikasi dan Validasi melakukan pendataan secara rinci dan detail terkait kerusakan rumah warga terjangan angin kencang yang terjadi sejak pukul 03.00 dini hari.

“Sesuai instruksi Bapak Wali Kota (HM Taufan Pawe) agar kami siap siaga dan bergerak cepat, dengan mengerahkan TRC dan tim validasi langsung ke lokasi,” ujar Rusli, Kepala Pelaksana BPBD Parepare.

(Rumah warga di Parepare yang tertimpa pohon tumbang).

Baca Juga : 9 Pohon Tumbang di Makassar, Timpa 2 Mobil yang Terparkir

Secara teknis, Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Parepare, Nasrullah yang ditemui di salah satu titik dampak angin kencang, di Lamaubeng, Kelurahan Lompoe, Kecamatan Bacukiki menguraikan, pendataan dilakukan untuk memastikan kerusakan akibat bencana.

“Kita bekerja sama dengan pihak kelurahan melakukan pendataan secara real untuk memastikan agar bantuan material dapat secepatnya disalurkan kepada warga yang terkena dampak bencana angin kencang. Kita hitung secara cermat kehilangan dan kerusakan yang terjadi,” jelasnya.

Bantuan berupa bahan material itu kata dia, akan segera disalurkan agar rumah warga dapat utuh kembali. “Kita proses secepatnya setelah data rampung dan memastikan tidak ada warga yang terlewatkan,” tandasnya.

Baca Juga : Enam Pohon Tumbang Akibat Angin Kencang di Makassar Timpa Dua Mobil yang Melintas

Walikota Parepare, HM Taufan Pawe mengimbau, warga lebih menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya, sebagai upaya antisipasi terhadap dampak bencana.

“Kita juga imbau tetap waspada terhadap pohon tumbang, tanah longsor maupun angin kencang yang datang secara tiba-tiba dan genangan yang dapat merendam rumah penduduk terutama yang berada di daerah rendah,” tandasnya.

Penulis: Andi Fardi

Baca Juga : Untung Menggiurkan, Kejari-Pemkot Parepare Komitmen Berantas Mafia Pupuk

Editor: Midkhal

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Sulsel29 Maret 2024 18:18
Pj Gubernur Sulsel Apresiasi Gerakan Sedekah Bibit dan Penghijauan PT Vale
Dukungan PT Vale Indonesia untuk gerakan penghijauan yang digalakkan Pemerintah Provinsi Sulsel terus berlanjut. Terbaru ini melakukan sedekah bibit p...
Otomotif29 Maret 2024 17:51
Bengkel dan Showroom Kalla Toyota Tetap Buka Saat Hari Libur
Bengkel resmi dan showroom Kalla Toyota tetap buka di hari libur Peringatan Wahat Isa Almasih yang jatuh pada 29 Maret 2024 mendatang. Di hari libur t...
Video29 Maret 2024 16:46
VIDEO: Aksi Blokade di Lahan Pertambangan di Luwu Timur
SULSELSATU.com – Aksi blokade di dalam lokasi Izin Pertambangan PT. Citra Lampia Mandiri, Kamis (28/3/2024) kemarin. Blokade tersebut dilakukan ...
Metropolitan29 Maret 2024 16:44
Danny Pomanto Siap Adopsi Penerapan Kabel Bawah Tanah Ala Singapura di Makassar
Pembangunan Ducting Sharing atau pemindahan kabel ke bawah tanah di Makassar segera terealisasi. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto baru saja usai...